DetikSepakbola
Selasa 16 Januari 2018, 18:59 WIB

Membandingkan Statistik Pogba dengan De Bruyne

Redzi Arya Pratama - detikSport
Membandingkan Statistik Pogba dengan De Bruyne Paul Pogba (Foto: Action Images via Reuters/Carl Recine)
Jakarta - Paul Pogba telah menambah koleksi assist buat Manchester United, menyamai jumlah assist Kevin De Bruyne untuk Manchester City. Berikut perbandingan mereka.

Pogba membuat dua assist saat MU mengalahkan Stoke City dengan skor 3-0, Selasa (16/1/2018) dini hari WIB. Itu membuatnya punya sembilan assist di Premier League 2017/2018.

Sembilan assist tersebut adalah yang terbanyak dari seorang pemain di ajang tersebut sejauh ini. Selain Pogba, ada pula De Bruyne dan Leroy Sane yang sama-sama membela City.

Nah, dari ketiga pemain itu De Bruyne dan Pogba punya posisi dan peran relatif sama; sebagai gelandang tengah pengendali ritme permainan. Sane lebih banyak beroperasi di sayap. Hal itu bikin usaha membandingkan Pogba dan De Bruyne lebih pas dilakukan.

Berdasarkan data Squawka, De Bruyne memimpin dari segi jumlah passing; 1.362 passing sukses dari 1.639 passing. Pogba "cuma" membuat 890 passing tapi secara akurasi lebih baik dengan 752 passing sukses atau 85 persen.

Perbandingan umpan ke arah depan dari Pogba juga lebih mencolok ketimbang De Bruyne, yakni 66,9 persen berbanding 59,9 persen.

Membandingkan Statistik Pogba dengan De BruyneKevin De Bruyne (Foto: Jason Cairnduff/Action Images via Reuters)

Berbicara soal kreativitas, mulai dari kemampuan melewati lawan atau umpan terobosan, De Bruyne unggul dari Pogba.

Kalau De Bruyne punya 49 take-ons, Pogba membuat 46 saja. Umpan terobosan De Bruyne yang berjumlah 24 pun unggul jauh dari sembilan umpan terobosan Pogba.

Menyoal sembilan assist yang masing-masing mereka buat, Pogba mampu gantian mengungguli De Bruyne. Pogba mencatatkan jumlah assist itu dari 13 laga saja, sementara De Bruyen selalu main sepanjang musim.

Sementara dari jumlah gol, De Bruyne sejauh ini sudah membuat enam gol sementara Pogba tiga gol lebih sedikit.

Lantas bagaimana dengan atribut defensif mengingat tak jarang seorang gelandang tengah juga mesti turun ke belakang membantu pertahanan.

Dalam hal tekel De Bruyne lebih unggul dari Pogba, yakni 88 tekel berbanding 40 tekel. Tapi Pogba justru punya rata-rata tekel lebih baik daripada De Bruyne: 40 persen berbanding 36 persen.

Sebagai tambahan, Sky Sports melansir satu statistik menarik seputar Pogba. Pemain internasional Prancis itu tidak terkalahkan dalam 35 partai Premier League terakhirnya. Ia absen dalam laga-laga saat MU kalah, seperti lawan Manchester City, Huddersfield, dan Chelsea.

Dalam daftar ini, Sky Sports menempatkan Pogba di posisi teratas rentetan laju terpanjang pemain yang tak merasakan kekalahan di Premier League. Ia mengungguli Gabriel Jesus (28) dan David Silva (25). Keduanya adalah rekan setim De Bruyne di City.



(krs/raw)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed