DetikSepakbola
Kamis 18 Januari 2018, 08:45 WIB

Conte Kecewa dengan Wasit dan Cara Penggunaan VAR

Randy Prasatya - detikSport
Conte Kecewa dengan Wasit dan Cara Penggunaan VAR Foto: David Klein/Reuters
London - Antonio Conte mendesak agar sepakbola Inggris memperbaiki cara kerja video assistant referee (VAR). Itu setelah timnya mengalami kerugian saat melawan Norwich City.

Desakan itu dikeluarkan setelah menang 5-3 atas Norwich dalam laga ulang babak ketiga Piala FA di Stamford Bridge, Kamis (18/1/2018) dinihari WIB, setelah bermain imbang 1-1 di waktu normal. Gol Chelsea dicetak oleh gol Michy Batshuayi di menit ke-55, sementara tim tamu membalas lewat sundulan Jamal Lewis di masa injury time.

Di babak pertama tambahan waktu terjadi sebuah perdebatan. Ketika itu, Willian dijatuhkan di dalam kotak penalti setelah melakukan penetrasi. Wasit menganggap si pemain melakukan diving dan mengganjar dengan kartu kuning.

Dalam insiden ini, wasit pemantau VAR menilai tak ada yang keliru dengan keputusan wasit Graham Scott. Oleh karena itu tidak dilakukan peninjauan ulang insiden dan laga dilanjutkan.

Di akhir babak kedua tambahan waktu sebuah perdebatan kembali terjadi. Alvaro Morata dijatuhkan di kotak penalti setelah mencoba melewati pemain Norwich. Namun, wasit menganggap si striker melakukan diving dan langsung memberi kartu kuning.

Tak terima dengan keputusan itu, Morata langsung melancarkan protes keras ke wasit, yang disambut dengan kartu kuning kedua. Mantan pemain Real Madrid dan Juventus itupun diusir dari lapangan dan tak bisa melanjutkan permainan. Namun sorotan utama tetap berada di insiden Willian, yang dinilai memang layak diganjar penalti.


Di akhir laga, Conte menyoroti cara penggunaan VAR, yang memang diuji coba di laga Piala FA kali ini. Dia menilai Willian selayaknya mendapatkan penalti dan wasit terlalu cepat mengambil keputusan, tanpa mempertimbangkan peninjauan ulang lewat VAR.

"Kita perlu lebih baik lagi jika ingin menggunakan sistem baru. Di laga ini ada situasi yang sangat jelas, yakni pada Willian di babak tambahan. Saya menyaksikannya dan itu adalah penalti," kata Conte seperti dikutip dari Mirror.

"Wasit mengambil keputusan cepat untuk mengganjar kartu kuning ke Willian. Jika Anda melakukan itu dengan cepat, itu berarti Anda tidak ragu."

"Jika ingin memperbaiki sistem ini Anda harus menunggu untuk mengecek bersama orang yang sedang memantau VAR. Setidaknya Anda (yang menonton) pasti punya keraguan, karena ada ganjalan ke Willian. Mungkin itu bukan penalti, tapi lebih baik jika wasit pergi melihat VAR.

"Di Italia sebelum menggunakan sistem baru ini (VAR), mereka mencoba, mencoba, mencoba, Anda harus menemukan solusi terbaik. Ini tidak begitu." tegas Conte.
(ran/raw)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed