DetikSepakbola
Kamis 18 Januari 2018, 13:25 WIB

Fernando Felicevich, Sosok di Balik Ramainya Transfer Sanchez

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Fernando Felicevich, Sosok di Balik Ramainya Transfer Sanchez Fernando Felicevich dan Alexis Sanchez saat pindah ke Arsenal tahun 2014 (twitter @ffelicevich)
Manchester - Alexis Sanchez diperkirakan selangkah lagi berseragam Manchester United. Ada sosok Fernando Felicevich di balik ramainya transfer Sanchez.

Kontrak Sanchez di Arsenal akan habis pada Juni 2018 dan tak ada tanda-tanda pemain asal Chile itu mau bertahan. Situasi itu membuat Sanchez sudah bebas bernegosiasi dengan klub peminat pada Januari ini dan menjalin kesepakatan prakontrak, untuk pindah secara cuma-cuma di musim panas nanti.

Tapi, ketimbang kehilangan Sanchez secara cuma-cuma, Arsenal memilih untuk melepasnya ke klub peminat di bursa transfer musim dingin ini. Setelah ramai dikait-kaitkan dengan Manchester City dan juga Chelsea, Sanchez malah mendekat ke MU.

The Telegraph bahkan menyebut MU dan Sanchez sudah mencapai kesepakatan pribadi soal gaji yang mencapai 14 juta pound per musim atau sekitar Rp 257 miliar setelah dipotong pajak.

Bahkan demi mengeluarkan Sanchez dari Emirates Stadium lebih cepat, MU rela membayar 35 juta pound untuk biaya transfer, dengan rincian 20 juta pound untuk Arsenal dan 15 juta pound untuk sang agen, Fernando Felicevich.

Fernando Felicevich, Sosok di Balik Ramainya Transfer SanchezFoto: twitter @ffelicevich

Loh, kenapa agen Sanchez mendapat bagian nyaris sama besarnya dengan Arsenal? Ya seperti halnya Mino Raiola atau Jorge Mendes, Felicevich memang punya kuasa penuh atas karier Sanchez.

Jika bukan karena Felicevich, Sanchez tidak akan setenar saat ini dan bermain di klub-klub besar seperti Barcelona, Arsenal, dan kemungkinan MU. Lalu, siapa sebenarnya Felicevich itu?

Felicevich sebenarnya tidak punya latar belakang sepakbola sama sekali karena justru dia lebih suka dengan olahraga rugby saat masa mudanya. Pria asal Argentina itu baru terjun ke dunia sepakbola pada umur 33 tahun.

Dia bahkan lama berada di Paris untuk menempuh studi master bisnis sebelum pindah ke Chile pada 2002. Momen itulah yang mengenalkan Felicevich pada sepakbola lewat bantuan teman dekatnya, Pablo Lenci.

Fernando Felicevich, Sosok di Balik Ramainya Transfer SanchezFoto: twitter @ffelicevich

Klien pertamanya adalah Arturo Norambuena yang membuka jalannya bertemu Sanchez muda pada tahun 2005. Felicevich yang tertarik dengan cerita Norambuena sampai harus bepergian jauh ke Tocopilla, daerah utara Chile untuk bertemu Sanchez yang berusia 15 tahun saat itu.

Hanya setahun memperkuat tim senior Cobreola, Sanchez lantas dibawa Felicevich ke Italia untuk memperkuat Udinese pada 2006 dengan banderol 1,7 juta pound. Namun, Sanchez tak langsung bermain di Udinese dan dipinjamkan dulu ke Colo-Colo serta River Plate sampai 2008.

Membawa dua klubnya itu jadi juara liga, Sanchez baru melakoni debut penuh bersama Udinese di musim 2008/2009. Tiga musim berseragam Udinese, Sanchez tampil oke dengan 21 gol dari 112 penampilan.

Barca pun datang menawarkan kesempatan bermain yang diterima Sanchez pada 2011 dengan banderol 23 juta pound. Tiga musim berseragam Los Cules, Sanchez mendapat enam gelar dan lantas pindah ke Arsenal dengan harga 30 juta pound karena tak lagi dibutuhkan Barca.

Fernando Felicevich, Sosok di Balik Ramainya Transfer SanchezFoto: twitter @ffelicevich

Sanchez hanyalah satu dari sekian cerita sukses Felicevich dengan para pemain Chile yang hampir sebagian besar jadi kliennya. Selain Sanchez, bintang-bintang top La Roja seperti Aleix Vidal, Claudio Bravo, Gary Medel, Charles Aranguiz, dan Felipe Gutierez, adalah klien-klien Felicevich yang tersebar di liga-liga top Eropa.

Felicevich pun sampai dijuluki 'Raja-nya Pemain Amerika Latin' oleh majalah Forbes meski ruang geraknya masih terbatas Chile. Bukan tak mungkin jika dia berani merambah ke Brasil, Argentina, atau Kolombia, maka pundi-pundinya makin bertambah dan tak lagi berada di posisi keenam agen sepakbola terkaya.



(mrp/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed