DetikSepakbola
Minggu 21 Januari 2018, 08:28 WIB

Statistik Aubameyang Tak Lebih Baik dari Lacazette

Redzi Arya Pratama - detikSport
Statistik Aubameyang Tak Lebih Baik dari Lacazette Pierre-Emerick Aubameyang dan Alexandre Lacazette (Foto: Getty Images)
Jakarta - Pemain Borussia Dortmund, Pierre-Emerick Aubameyang, dihubungkan dengan Arsenal. Dari statistik, dia tak jauh lebih baik dari Alexandre Lacazette.

Pihak Dortmund memang baru memastikan bahwa ada tawaran Arsenal untuk pemain asal Gabon itu. Meski begitu, mereka tak mau menyebutkan angka yang ada.

Aubameyang sebenarnya bukan pengganti langsung Alexis Sanchez. Sebabnya, posisi keduanya jelas berbeda. Eks pemain AC Milan ini lebih pantas dibandingkan dengan Lacazette dari segi posisi dan atribut.

Menarik membandingkan statistik menyerang kedua pemain di liga masing-masing musim ini. Karena ternyata statistik Aubameyang tak juga lebih baik dari Lacazette.


Menurut data Squawka, Aubameyang hanya unggul dari segi gol yaitu 13 berbanding 9 dan juga total tembakan 57-55 dari Lacazette. Selisih yang tak terlalu mencolok.

Sementara Lacazette unggul lebih banyak hal. Mulai dari penciptaan peluang 23-15, akurasi tembakan 73 persen - 57 persen, hingga kemampuan melewati lawan (take-ons) 25-5.

Total passing Lacazette juga lebih banyak dari Aubameyang yakni 548 berbanding 301. Hal menarik adalah tentang duel udara. Meski Lacazette lebih pendek dari Aubameyang yaitu 175 cm - 187 cm, tapi dia lebih banyak memenangi duel udara 22 berbanding 21.

Melihat statistik di atas, Arsenal sebenarnya tak terlalu membutuhkan Aubameyang. Kemampuan Lacazette sudah sangat baik dan dia lebih membutuhkan penopang atau pendukung dari lini kedua seperti Henrikh Mkhitaryan, daripada pesaing lini depan.

Memang, bisa saja Lacazette dimainkan bersama dengan Aubameyang, tapi tak ada yang bisa memastikan itu berjalan lancar. Karena trek rekor Arsene Wenger pun lebih sering memainkan striker tunggal yang ditopang gelandang serang agresif.




(cas/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed