DetikSepakbola
Rabu 24 Januari 2018, 06:53 WIB

Lewati 500 Laga sebagai Pelatih, Guardiola Punya Rekor Mengesankan

Meylan Fredy Ismawan - detikSport
Lewati 500 Laga sebagai Pelatih, Guardiola Punya Rekor Mengesankan Pep Guardiola (Hannah McKay/Reuters)
Bristol - Laga melawan Bristol City menjadi laga ke-500 Pep Guardiola sebagai pelatih. Dalam 500 laga tersebut, Guardiola punya persentase kemenangan yang luar biasa.

Manchester City, tim yang dilatih Guardiola, mengalahkan Bristol City 3-2 pada pertandingan leg kedua semifinal Piala Liga Inggris di Ashton Gate, Rabu (24/1/2018) dinihari WIB. City pun berhak maju ke final dengan keunggulan agregat 5-3.

City menang berkat gol-gol Leroy Sane, Sergio Aguero, dan Kevin De Bruyne. Bristol sempat memberi perlawanan sengit dengan mencetak dua gol balasan melalui Marlon Pack dan Aden Flint.


Bagi Guardiola, ini adalah kemenangan ke-363 dalam 500 pertandingan yang dia lalui sejak diangkat sebagai pelatih kepala Barcelona pada musim panas 2008. Dengan kata lain, persentase kemenangan pria asal Spanyol itu sebagai pelatih mencapai 72,6%.

Dari 363 kemenangan Guardiola sebagai pelatih, 63 kemenangan di antaranya dia raih dalam 92 pertandingan bersama City.

Lolosnya City ke final Piala Liga Inggris juga mempertajam catatan Guardiola lainnya. Guardiola telah meloloskan tim-tim yang dia latih ke 11 final dari 18 duel di babak semifinal. Dari 11 final tersebut, tim yang dilatih Guardiola menjadi juara sepuluh kali.

Selain rekor-rekor Guardiola tersebut, ada statistik lain yang menarik dari laga Bristol melawan City. Berikut ini statistik-statistik itu, seperti dikutip dari BBC:

- Bristol City cuma menang sekali dalam sembilan pertandingan di semua kompetisi (imbang dua kali, kalah enam kali) sejak menyingkirkan Manchester United di perempatfinal Piala Liga Inggris.

- Manchester City mencapai final keenamnya di Piala Liga Inggris. Dalam lima final terakhirnya, City jadi juara empat kali: 1970, 1976, 2014, dan 2016.

- Manchester City lolos ke final kompetisi domestik untuk keempat kalinya dalam enam musim terakhir (tak termasuk Community Shield). City jadi juara Piala Liga Inggris pada 2014 dan 2016 serta runner-up Piala FA pada 2013.

- Gol sundulan Marlon Pack mengakhiri rentetan 550 menit yang dilalui Bristol City tanpa mencetak satu pun gol dari permainan terbuka di semua kompetisi.

- Dalam enam penampilannya bersama City pada tahun 2018, Leroy Sane selalu mencetak gol atau assist dalam lima laga di antaranya (3 gol, 4 assist).

- Sane sudah mengukir 14 assist untuk City di semua kompetisi musim ini. Tak ada pemain Premier League lainnya yang punya jumlah assist lebih banyak (jumlah assist Sane setara dengan Kevin De Bruyne).

- Aguero mencetak delapan gol dalam enam pertandingan pada tahun 2018. Dia juga membuat satu assist.

(mfi/nds)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed