Ada Wacana Jeda Musim Dingin di Premier League

ADVERTISEMENT

Ada Wacana Jeda Musim Dingin di Premier League

Yanu Arifin - Sepakbola
Selasa, 06 Feb 2018 15:40 WIB
Foto: Mike Hewitt/Getty Images
London - Kompetisi Premier League sejauh ini tidak memiliki jeda musim dingin seperti liga top lainnya di Eropa. Kini berhembus wacana penerapan winter break mulai 2019.

Tidak seperti La Liga Spanyol, Serie A Italia, Bundesliga Jerman, atau Ligue 1 Prancis, libur musim dingin tidak diberlakukan di Premier League. Laga demi laga terus bergulir, bahkan jadwalnya makin padat.

Namun wacana Liga Inggris bakal menerapkannya muncul seiring dengan bakal diumumkannya pemegang hak siar yang baru. Pengumuman sendiri kabarnya siap dilakukan minggu depan.

Kontrak hak siar kini dipegang Sky Sports dan BT Sport sampai 2019, dengan nilai kontrak 5,14 miliar pound sterling untuk menyiarkan 168 pertandingan live. Kontrak baru yang berjangka 2019 hingga 2022, rencananya mengalami kenaikan harga.

Dan dalam dokumen tender yang diajukan Premier League ke calon pemegang hak siar, diketahui ada opsi memberlakukan winter break. Hal itu tertuang dalam pernyataan resminya.

"Premier League telah berdiskusi dengan FA dan EFL selama beberapa bulan mengenai tantangan dari jadwal sepak bola Inggris yang semakin padat dan cara kami bisa bekerja sama untuk mengurangi masalah jadwal dan juga memberi pemain istirahat di pertengahan musim," kata Premier League dalam pernyataan yang dilansir BBC.

"Asalkan ada ruang bisa didapatkan dalam jadwal, kami terbuka untuk hal itu secara prinsip dan akan terus melakukan diskusi konstruktif dengan para pemangku kepentingan sepak bola kami untuk mencari solusi yang bisa diterapkan," sebut pernyataan itu.

Penerapan winter break sendiri dianggap tidak akan mengganggu jadwal pertandingan sepakbola di Inggris seperti biasanya.

(yna/krs)

ADVERTISEMENT