DetikSepakbola
Rabu 14 Februari 2018, 12:00 WIB

Kepergian Coutinho Membawa Berkah untuk Firmino

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Kepergian Coutinho Membawa Berkah untuk Firmino Roberto Firmino kini jadi andalan Liverpool di lini depan (Peter Cziborra/Reuters)
Oporto - Philippe Coutinho tak dipungkiri punya hubungan dekat dengan Roberto Firmino. Tapi kepergian Coutinho justru menguntungkan Firmino saat ini.

Wajar saja jika keduanya begitu dekat mengingat Firmino dan Coutinho sama-sama berasal dari Brasil. Praktis setelah Lucas Leiva pergi, maka tinggal mereka berdua pemain asal negara itu dan juga yang berbahasa Portugis.

Selama enam bulan pertama musim 2017/2018, Firmino dan Coutinho saling bahu-membahu membawa Liverpool melaju terutama di Liga Champions. Sayangnya, Coutinho memilih untuk pindah ke Barcelona bulan lalu.

Kini tinggal Firmino, pemain Brasil yang berseragam merah-merah, dan tentunya dia bisa merasa kesepian karena tak ada lagi pemain senegaranya. Tapi, menurut manajer Juergen Klopp, Firmino justru bisa lebih moncer karena tak lagi berada di bawah bayang-bayang Coutinho.

Buktinya kini Firmino jadi topskorer kedua klub dengan 20 gol di seluruh kompetisi termasuk tujuh gol di Liga Champions.

"Ketika saya pertama kali datang di sini, saya langsung senang Roberto ada di sini," ujar Klopp di Soccerway.

"Saya tidak berpikir dia harus menggantikan Coutinho, tapi belakangan terlihat seperti itu karena dia tak lagi berada di bawah bayang-bayang Coutinho," lanjutnya.

"Dia adalah pemain yang sangat penting dan dia tidak harus selalu menonjol di setiap laga. Tapi bagus tentunya jika dia bisa sering seperti itu."

"Apakah dia terkesan diremehkan? Saya rasa tidak lagi. Saya tidak tahu apa yang orang pikirkan soal Roberto Firmino. Tapi orang-orang yang pintar tentu menilainya dengan tepat."

Ketajaman Firmino, yang juga sudah mengoleksi 11 assist musim ini, diharapkan bisa muncul saat Liverpool menghadapi tuan rumah Porto di leg I 16 Besar Liga Champions.

[Gambas:Video 20detik]






(mrp/krs)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed