DetikSepakbola
Rabu 14 Februari 2018, 19:57 WIB

'Dibanding Mourinho, Guardiola Akan Lebih Mampu Maksimalkan Pogba'

Kris Fathoni W - detikSport
Dibanding Mourinho, Guardiola Akan Lebih Mampu Maksimalkan Pogba Jose Mourinho dan Paul Pogba (Foto: Andrew Couldridge/Action Images via Reuters)
London - Manajer Manchester United Jose Mourinho dinilai tak bisa memaksimalkan Paul Pogba, yang justru akan lebih bersinar di bawah arahan Pep Guardiola.

Pendapat tersebut dilontarkan oleh Jamie Redknapp, mantan pesepakbola yang kini jadi analis sepakbola, dalam acara The Debate Sky Sports ketika membahas situasi Pogba di MU saat ini.

Pogba sedang jadi pembahasan setelah tidak pernah lagi dimainkan Mourinho secara penuh dalam tiga laga terakhir The Red Devils, kendatipun sebelumnya senantiasa jadi andalan di setiap pertandingan.


Ada kritikan bahwa Pogba belum juga bisa memenuhi ekspektasi setelah "dipulangkan" MU pada musim panas 2016. Sebagian menyebut itu juga dikarenakan Mourinho telah memasangnya dalam pola permainan yang tidak pas.

Saat ini Mourinho memasang Pogba sebagai satu dari dua gelandang tengah, bersama Nemanja Matic, dalam skema 4-2-3-1. Pogba dinilai akan lebih maksimal dalam pola tiga gelandang.


Redknapp pun punya anggapan serupa. Ia menyebut Mourinho memang belum bisa memaksimalkan potensi Pogba. Tak cuma itu, ia pun menilai pemain internasional Prancis itu akan lebih berkembang ditangani Guardiola di Manchester City.

"Saya pikir Mourinho punya tanggung jawab besar terhadap dirinya, itu pekerjaannya. Semua orang mengharapkan dirinya untuk jadi seorang pemain top dengan kepercayaan diri besar, tapi saya pikir jauh di lubuk hati ia cuma perlu disayangi," kata Redknapp.


"Menariknya keluar lawan Tottenham bukanlah cara untuk mengerahkan yang terbaik dari dirinya. Anda bisa melihat kepercayaan dirinya amat rendah ketika menghadapi Newcastle. Saya bukan mengatakan ia harus dimanjakan, tapi saya tidak melihat situasi Pep Guardiola akan melakukan hal serupa. Jika ia main di Man City, ia akan jadi salah satu bintang utama. Saya cuma berpikir Jose Mourinho tidak bisa mengeluarkan yang terbaik dari dalam diri Pogba."

"Pep adalah jenis manajer yang akan bisa memaksimalkan dirinya, tapi dengan Mourinho rasanya seperti ia justru memusuhinya. Padahal ia bukan berurusan dengan seorang bocah, ia merupakan salah satu aset terbesar dalam dunia sepakbola. Mourinho malah mengajak perang pemainnya. Dengan pengaruh Pogba di ruang ganti, Mourinho harus sangat hati-hati. Saya tidak melihat ada untungnya bikin kesal salah satu pemain bintang di tim Anda," tuturnya.



(krs/din)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed