DetikSepakbola
Rabu 14 Maret 2018, 16:42 WIB

Ian Wright: Kualitas Pemain MU dan City Sama, Bedanya di Manajer

Doni Wahyudi - detikSport
Ian Wright: Kualitas Pemain MU dan City Sama, Bedanya di Manajer Manchester United dinilai punya materi pemain yang sama dengan Manchester City (David Klein/ REUTERS)
Jakarta - Jika berbicara soal komposisi pemain, Manchester United dan Manchester City punya kekuatan yang nyaris sama. Perbedaan mencolok keduanya hanya pada sosok yang duduk di kursi manajer.

Malam tadi Manchester United terdepak dari Liga Champions. Bermain di Old Trafford, Setan Merah tampil tanpa greget, miskin kreasi, tak punya koordinasi, dan terlalu mudah diekspos Sevilla. Setelah 'sukses' bermain imbang 0-0 di Spanyol, MU malah tumbang di kandang dengan skor 1-2.

Apa yang ditunjukkan MU di atas lapangan bertolak belakang dengan tetangga dekat mereka, Manchester City.



The Citizens sebenarnya juga kalah di kandang pada leg kedua, tapi itu terjadi setelah mereka menang 4-0 di kandang FC Basel. Perlu dicatat pula, City tak menurunkan kekuatan terbaik ketika harus mengakui keunggulan 2-1 klub asal Swiss itu di Etihad Stadium.

Seperti sudah dilakukan bersama Barcelona dan Bayern Munich, Josep Guardiola menjadikan Manchester City bermain sangat atraktif, mendominasi tanpa kompromi di atas lapangan, dan pada akhirnya membuat City menguasai Inggris (setidaknya sejauh musim 2017/2018 ini berjalan).

Dengan kualitas individu pemain yang sebenarnya sama, pembeda antara Si Merah dan Si Biru dari Kota Manchester adalah sosok di belakang mereka. Demikian dikatakan pundit SkySport yang juga striker legendaris Arsenal, Ian Wright.



"Jika Anda melihat kedua tim dan mereka bermain dengan kekuatan terbaiknya, itu akan menjadi pertandingan yang menarik. Karena jika Anda melihat tim City, mereka sangat kolektif dan bermain di frekuensi yang sama. Jika Anda melihat Manchester United, dalam hal individu pemain, saya pikir mereka pemain yang hebat dan sama bagusnya dengan pemain City," ucap Wright.

"Tapi mereka (MU) tidak kolektif, mereka tidak bermain bersama. Jika mereka bisa bermain bersama dan dilatih sebagaimana City, saya yakin mereka akan tak jauh dari City. Jika mereka bertukar manajer, saya pikir MU akan melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan City. MU punya pemain yang sama yang dibutuhkan Pep untuk mereka bisa tampil kompak, tak ada keraguan soal itu, karena dia (Pep) tak akan bermain sebagaimana Mourinho bermain," papar Wright dikutip dari Skysport.

Wright juga mengklaim kalau pemain-pemain MU akan senang dilatih oleh Guardiola. Pendekatan sepakbola menyerang dan atraktif milik Pep dinilainya cocok dengan individu-individu pemain Setan Merah.



"Anda tidak bisa bilang pada saya kalau pemain-pemain MU tidak melihat ke arah mereka (City) dengan raya iri atas brilian dan mengalirnya permainan City. Anda tak bisa bilang ke saya kalau seperti itulah Paul Pogba, Marcus Rashford, dan Anthony Martial ingin bermain. Mereka ingin bermain seperti City karena pemain-pemain City terlihat bersenang-senang dengan permainannya," ucapnya lagi.

MU dan City akan berhadapan dalam lanjutan Liga Inggris dua pekan ke depan. Laga yang dilangsukan di Etihad Stadium itu bisa menjadi penentu The Citizens meraih titel Premier League.


=======

Dapatkan 10 merchandise menarik dari detikcom, dengan mengikuti survei ini



(din/fem)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed