DetikSepakbola
Minggu 18 Maret 2018, 02:38 WIB

Salah Empat Gol, Liverpool Cukur Watford 5-0

Meylan Fredy Ismawan - detikSport
Salah Empat Gol, Liverpool Cukur Watford 5-0 Mohamed Salah mencetak empat gol dan satu assist saat Liverpool mencukur Watford 5-0 (Foto: Jan Kruger/Getty Images)
Liverpool - Mohamed Salah menggila saat Liverpool berhadapan dengan Watford dalam lanjutan Premier League. Salah mencetak empat gol untuk membantu The Reds mencukur lawannya itu dengan skor 5-0.

Salah bahkan punya andil dalam terciptanya semua gol Liverpool pada pertandingan di Anfield, Minggu (18/3/2018) dinihari WIB. Winger asal Mesir itu juga menyumbangkan satu assist untuk gol Roberto Firmino.

[Gambas:Video 20detik]


Liverpool tampil nyaris tanpa cacat pada laga ini. Menguasai permainan dari awal hingga akhir, tim tuan rumah begitu efisien dalam memanfaatkan peluang-peluang yang mereka dapatkan.

Dari 13 tembakan Liverpool di sepanjang pertandingan ini, sepuluh di antaranya tepat sasaran dan lima berbuah gol. Sementara itu, Watford cuma membuat empat percobaan dan satu yang mengarah ke gawang.

Liverpool menyudahi babak pertama dengan keunggulan 2-0 lewat gol-gol Salah di menit keempat dan menit ke-43. Setelah turun minum, Firmino mencetak gol ketiga Liverpool pada menit ke-49, yang disusul dua gol lainnya dari Salah pada menit ke-77 dan 85.

Berkat kemenangan telak ini, Liverpool untuk sementara naik ke peringkat ketiga klasemen dengan perolehan 63 poin dari 31 pertandingan. Adapun Watford turun ke posisi ke-11 dengan 36 poin.


Jalannya Pertandingan

Liverpool sudah unggul ketika pertandingan belum genap berjalan empat menit. Tim tuan rumah memimpin lewat gol Salah.

Usai menerima operan dari Sadio Mane, Salah menusuk ke kotak penalti Watford. Miguel Britos mencoba menghentikannya, tapi malah jatuh terjengkang. Salah pun dengan leluasa menembak ke arah gawang untuk mencetak gol.

Di pertengahan babak pertama, Liverpool kehilangan Emre Can yang cedera. Can ditarik keluar dan James Milner masuk sebagai pemain pengganti.

Watford punya kans untuk menyamakan kedudukan di menit ke-37. Richarlison menanduk bola umpan silang Roberto Pereyra, tapi Loris Karius berada di posisi yang tepat untuk menyelamatkan gawang Liverpool.

Hanya berselang dua menit, giliran Liverpool yang memiliki kesempatan emas untuk mencetak gol. Roberto Firmino yang mendapatkan umpan dari Salah mencoba menaklukkan Orestis Karnezis, namun tembakannya ditepis oleh penjaga gawang Watford itu.

Salah memperbesar keunggulan Liverpool menjadi 2-0 di menit ke-43. Dia sukses menuntaskan umpan silang Andrew Robertson lewat sontekan jarak dekat.

Hingga selesainya babak pertama, skor tak berubah.

Baru empat menit babak kedua berjalan, Liverpool mengubah skor menjadi 3-0 melalui gol Firmino. Gol ini berawal dari aksi Salah di sisi kiri pertahanan Watford. Britos berusaha merebut bola dari Salah, tapi lagi-lagi apes. Tekelnya malah membuat Salah lolos sendirian. Salah kemudian melepaskan umpan silang, yang dituntaskan oleh Firmino lewat sontekan sambil membelakangi gawang.

Setelah gol Firmino itu, Watford mendapatkan dua peluang secara beruntun. Tembakan jarak jauh Jose Holebas masih meleset dari sasaran, sedangkan tendangan bebas Pereyra mengenai mistar.

Pemain pengganti Alex Oxlade-Chamberlain berrpeluang mencetak gol lewat aksinya di menit ke-77. Namun, tembakannya bisa diantisipasi oleh Karnezis.

Masih di menit yang sama, Salah melengkapi hat-trick-nya untuk membawa Liverpool unggul 4-0. Dia meliuk-liuk di kotak penalti untuk memperdaya tiga pemain lawan sekaligus dan tembakan pelannya bersarang di dalam gawang.

Tak cukup dengan tiga gol, Salah kembali merobek gawang Watford pada menit ke-85. Kali ini dia menyambar bola muntah setelah tembakan Danny Ings dimentahkan oleh Karnezis. Gol ini menjadi gol terakhir Liverpool dan memantapkan kemenangan mereka menjadi 5-0.


Susunan Pemain
Liverpool: Loris Karius; Joe Gomez, Joel Matip, Virgil van Dijk, Andrew Robertson; Emre Can (James Milner 27'), Jordan Henderson, Georginio Wijnaldum (Alex Oxlade-Chamberlain 71'); Mohamed Salah, Roberto Firmino (Danny Ings 79'), Sadio Mane

Watford: Orestis Karnezis; Miguel Britos (Daryl Janmaat 81'), Sebastian Prodl, Adrian Mariappa, Jose Holebas; Abdoulaye Doucoure, Etienne Capoue; Kiko Femenia, Richarlison (Will Hughes 65'), Roberto Pereyra; Troy Deeney (Stefano Okaka 70')

------

Dapatkan 10 merchandise menarik dari detikcom, dengan mengikuti survei ini.



(mfi/rin)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed