DetikSepakbola
Sabtu 31 Maret 2018, 22:57 WIB

Gol Lukaku & Sanchez Menangkan MU atas Swansea

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
Gol Lukaku & Sanchez Menangkan MU atas Swansea Manchester United menang 2-0 atas Swansea City berkat gol Romelu Lukaku dan Alexis Sanchez (Foto: Jason Cairnduff/Action Images via Reuters)
Manchester - Manchester United memetik kemenangan 2-0 saat menjamu Swansea City dalam lanjutan Premier League. Kedua gol MU dibuat oleh Romelu Lukaku dan Alexis Sanchez.

Dalam pertandingan di Old Trafford, Sabtu (31/3/2018) malam WIB, MU tampil begitu dominan di babak pertama. Dominasi tersebut berbuah gol dari Lukaku di menit kelima dan Sanchez di menit ke-20.

Swansea tampil lebih baik di babak kedua. Namun peluang terbaik mereka digagalkan oleh David de Gea.

Kemenangan ini mengantar MU kembali ke peringkat dua dengan 68 poin dari 31 pertandingan. Sementara Swansea turun ke posisi ke-15 dengan 31 poin.

Jalannya Pertandingan

Manchester United langsung menguasai permainan di menit-menit awal. Tekanan yang dilancarkan MU sudah membuahkan hasil di menit kelima.

Lewat sebuah serangan yang dibangun dengan rapi, gol MU tercipta. Kerja sama Jesse Lingard dan Alexis Sanchez berakhir di Romelu Lukaku. Lukaku melepaskan tembakan yang sempat membentur Alfie Mawson dan bola tak bisa diantisipasi oleh Lukasz Fabianski.

Enam menit kemudian, Lukaku mendapat peluang bagus untuk menggandakan keunggulan MU. Menerima bola dan Sanchez, Lukaku kemudian melepaskan tembakan ke arah gawang. Tapi kali ini Fabianski bisa menepis bola.

Serangan yang dibangun MU kembali menghasilkan peluang untuk Lingard. Namun tendangan Lingard dari pinggir kotak penalti masih melebar dari gawang.

Keunggulan MU bertambah di menit ke-20. Lingard yang tampil on-fire menjadi motor serangan. Kali ini ia menjadi kreator untuk gol Sanchez. Bola umpan terobosannya yang sempat membentur pemain Swansea dituntaskan dengan sempurna oleh Sanchez.

MU terus memegang kendali permainan. Sebaliknya, Swansea kesulitan untuk membangun serangan.

MU sempat menjebol gawang Swansea di menit ke-43. Namun Lukaku sudah lebih dulu terjebak offside sebelum melepaskan umpan yang disambar oleh Lingard.

Tertinggal dua gol, Swansea langsung mengganti dua pemainnya di babak kedua. Tom Carroll masuk menggantikan Ki Sung Yueng, sementara Tammy Abraham menggantikan Nathan Dyer.

Swansea pun memulai babak kedua dengan lebih baik. Namun mereka masih kesulitan dalam menyerang.

Sementara itu, serangan MU kembali mengancam gawang Swansea. Umpan silang Juan Mata diteruskan Lukaku ke Sanchez yang ada di depan gawang. Namun Sanchez tak mampu mengarahkan sundulannya ke gawang.

Mata hampir mencetak gol spektakuler di menit ke-57. Bola yang diangkat Pogba jatuh ke kaki Mata yang membelakangi gawang. Sambil memutar badan, Mata melepaskan tendangan. Namun upaya Mata belum menemui sasaran.

Serangan Swansea di menit ke-60 akhirnya memaksa De Gea beraksi. Tak hanya satu kali, tapi dua kali.

De Gea menepis tendangan Tammy Abraham dari jarak dekat. Tak lama kemudian, kiper asal Spanyol itu kembali menggagalkan upaya Abraham yang melepaskan tendangan first-time setelah menerima bola umpan dari kiri.

Serangan Swansea di babak kedua lebih baik daripada babak pertama. Namun mereka belum mampu menipiskan ketertinggalan.

Justru MU yang hampir menambah gol di menit ke-80. Bola dari Pogba menemui Lukaku yang ada di tiang jauh. Dari jarak dekat, Lukaku mencoba menaklukkan Fabianski. Tapi Fabianski mampu memblok bola dengan baik.

Susunan Pemain

Manchester United: De Gea; Valencia, Lindelof, Smalling, Young; Matic, Pogba; Mata (McTominay 92'), Lingard (Herrera 76'), Sanchez (Rashford 76'); Lukaku

Swansea City: Fabianski; Naughton, Van der Hoorn, Fernandez, Mawson, Olsson; King, Ki (Carroll 46'), Clucas (Routledge 56'); Dyer (Abraham 46'), A. Ayew


(nds/mrp)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed