DetikSepakbola
Senin 16 April 2018, 11:53 WIB

Old Trafford: Stadion yang Paling Sering Jadi Penentu Juara Premier League

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Old Trafford: Stadion yang Paling Sering Jadi Penentu Juara Premier League Foto: Alex Morton/Getty Images
Manchester - Old Trafford kembali jadi lokasi yang menentukan gelar juara Premier League. Namun ironisnya kali ini bukan untuk sang pemilik stadion, namun rival sekotanya.

Seperti diketahui bukan Manchester United yang memastikan diri juara Premier League musim ini. Justru kekalahan mereka dari tim juru kunci, West Bromwich Albion, di Old Trafford, Minggu (15/4/2018) malam WIB memastikan sang rival, Manchester City juara.

[Gambas:Video 20detik]




Hasil MU ini juga layak dibilang mengejutkan, karena baru sepekan sebelumnya mereka mengandaskan City 3-2 secara dramatis di Etihad Stadium. Kemenangan tersebut membuat City gagal mewujudkan mimpi juara di partai derby, di depan rival sekota.

Kekalahan MU di Old Trafford sendiri membuat stadion tersebut kini sudah lima kali menjadi lokasi penentu juara. BBC melansir bahwa Old Trafford merupakan stadion yang paling sering jadi penentu dalam persaingan gelar.

MU tercatat tiga kali memastikan diri juara di stadionnya sendiri dalam sejarah Premier League. Selain City, Arsenal menjadi tim lain yang pernah dipastikan jadi juara di sana. Bedanya, Arsenal juara setelah mengalahkan sendiri MU di Old Trafford sementara City perlu bantuan tim lain.


Pertama kali Old Trafford menjadi penentu juara Premier League adalah pada musim 1998/1990, kala MU mengalahkan Tottenham Hotspur di pekan terakhir. Di hadapan pendukungnya sendiri, 'Setan Merah' juara.

Arsenal lantas merasakan mengunci titel di Old Trafford pada musim 2001/2002. The Gunners mempermalukan MU 1-0 di stadion bernama lain 'Theatre of Dreams' tersebut dan juara dengan satu laga tersisa.

Old Trafford baru kembali jadi penentu dalam persaingan gelar di musim 2008/2009. Kali ini MU yang juara saat menjamu Arsenal, dengan bermain imbang 0-0 di pekan ke-37.


MU lagi-lagi memastikan meraih trofi di kandang sendiri di musim 2012/2013. Di musim terakhirnya Sir Alex Ferguson sebagai manajer itu, MU juara usai mengalahkan Aston Villa 3-0 dengan empat laga tersisa.

Old Trafford dan sejarahnya menentukan juara Premier League

Musim 1998/1999: Manchester United
Musim 2001/2002: Arsenal
Musim 2008/2009: Manchester United
Musim 2012/2013: Manchester United
Musim 2017/2018: Manchester City
(raw/nds)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed