DetikSepakbola
Sabtu 21 April 2018, 00:39 WIB

Wenger adalah Rival, Kolega, dan Teman untuk Sir Alex Ferguson

Randy Prasatya - detikSport
Wenger adalah Rival, Kolega, dan Teman untuk Sir Alex Ferguson Arsene Wenger dan Sir Alex Ferguson pada pertemuan di Manchester tahun 2008. (Foto: Clive Brunskill/Getty Images)
Manchester - Arsene Wenger adalah rival Sir Alex Ferguson di Premier League selama 17 tahun. Ferguson menyebut Wenger sebagai rival, kolega, dan teman.

Wenger telah memutuskan untuk meninggalkan Arsenal pada akhir musim ini setelah 22 tahun menjadi manajer klub tersebut. Keputusan itu diumumkan pada Jumat (20/4/2018).

Wenger datang ke Arsenal pada 1996. Pria asal Prancis itu tak butuh waktu lama untuk mencuri perhatian. Pada musim keduanya di Arsenal, dia mempersembahkan gelar ganda, Premier League dan Piala FA.


Keberhasilan Arsenal bersama Wenger sekaligus memutus dominasi Manchester United, yang ketika itu dilatih Ferguson. MU sebelumnya menjadi juara empat kali dalam lima musim pertama di era Premier League.

Sejak saat itu, Arsenal-nya Wenger dan MU-nya Ferguson bersaing sengit di Premier League dan menjadi dua tim paling disegani di Inggris, setidaknya hingga Jose Mourinho datang ke Chelsea pada 2004.

Mendengar keputusan mundurnya Wenger dari Arsenal, Ferguson buka suara. Menurut Ferguson, Wenger lebih dari sekadar kolega.


"Saya sangat senang untuk Arsene Wenger. Saya sangat menghormati dia dan untuk pekerjaan yang dilakukannya bersama Arsenal," kata Ferguson seperti dikutip situs resmi MU.

"Ini adalah bukti hebat atas bakat, profesionalisme, dan tekadnya sehingga dia mampu mendedikasikan 22 tahun hidupnya untuk pekerjaan yang dia cintai. Di sebuah era di mana manajer sepakbola kadang hanya bertahan satu atau dua musim, bisa bertahan selama itu di klub sebesar Arsenal merupakan sebuah pencapaian luar biasa," imbuhnya.

"Saya senang dia mengumumkan bahwa dia akan pergi pada saat sekarang ini, karena dia sekarang bisa mendapatkan perpisahan yang benar-benar pantas dia dapatkan. Dia, tanpa diragukan lagi, salah satu manajer terhebat di Premier League dan saya bangga telah menjadi rival, kolega, dan teman bagi seorang pria hebat seperti dirinya," tandas Ferguson, yang pensiun sebagai manajer pada 2013.


(ran/mfi)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed