DetikSepakbola
Jumat 27 April 2018, 13:12 WIB

Jelang Liga Inggris

Tren positif MU atas Arsenal dan Catatan-Catatan Lainnya

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Tren positif MU atas Arsenal dan Catatan-Catatan Lainnya Foto: Eddie Keogh/Reuters
Manchester - Manchester United dan Arsenal akan berduel di Old Trafford dalam lanjutan Premier League. Kedua tim datang dengan bekal berbeda.

MU dan Arsenal akan berhadapan di Old Trafford, Minggu (29/4/2018) malam WIB di laga pekan ke-36. Ini akan jadi partai yang terasa berbeda, mengingat pertemuan ini sekaligus menandai lawatan terakhir Arsene Wenger ke MU sebagai manajer Arsenal.


Boleh jadi Wenger ingin menandai perpisahannya dengan Arsenal dengan hasil positif atas MU, yang merupakan salah satu rival terbesar mereka. Untuk mewujudkan itu, Arsenal perlu mematahkan tren negatif di Theatre of Dreams.

MU tak terkalahkan di 10 pertemuan terakhir lawan mereka di kandang. Selain itu, ada belakangan Arsenal juga dihantui catatan buruk partai tandang, sudah menelan kekalahan di lima laga terakhir Premier League di markas lawan.

Berikut data dan fakta laga MU vs Arsenal seperti dilansir Opta

- MU tak terkalahkan di 10 laga kandang lawan Arsenal (7 menang, 3 imbang), laju terpanjang mereka sejak Maret 1961 (17 laga).

- Di seluruh kompetisi, Arsenal sudah kalah 13 kali dari 18 lawatan teranyar ke Old Trafford, sisanya menang dua kali dan berimbang tiga kali. Meski demikian, hanya adalah satu kekalahan dalam empat kunjungan terakhir.


- MU belum pernah mencatatkan kemenangan dobel di liga atas Arsenal sejak musim 2011/2012, manajer terakhir yang bisa mengukir catatan ini selain Sir Alex Ferguson adalah Ron Atkinson pada 1984/1985.

- Arsenal belum pernah mengalahkan MU di sebuah laga yang berlangsung pada bulan April sejak 1978, di mana kala itu menang 3-1 di liga. Sejak saat itu, Arsenal gagal mengalahkan MU di empat partai Piala FA, lima partai liga, dan satu partai Liga Champions (4 imbang, 6 kalah).

- Ini akan jadi pertemuan ke-19 antara Jose Mourinho dan Arsene Wenger di semua kompetisi. Mourinho tidak kalah di seluruh 13 pertemuan pertama (6 menang, 7 imbang) tapi kalah dua kali di lima pertemuan terakhir (2 menang, 1 imbang). Namun Mourinho belum terkalahkan oleh Wenger di tujuh partai kandang (4 menang, 3 imbang).

- 67% dari kekalahan MU di Premier League musim ini terjadi di laga yang dimainkan pada hari Minggu (4 dari 6 kekalahan), termasuk dua kekalahan mereka di Old Trafford dari Manchester City dan West Bromwich Albion.

- Arsenal sudah kalah sembilan kali di partai tandang Premier League musim ini. Kali terakhir mereka mencapai dua digit kekalahan tandang dalam format 38 laga semusim adalah pada 1989/1990 (10).

- Arsenal sudah kalah di lima partai tandang terakhir Premier League. Mereka belum pernah kalah enam kali beruntun di laga tandang di kompetisi tertinggi sejak rangkaian tujuh kekalahan tandang di Januari 1966.

- Setelah berimbang di tiga partai terakhir Premier League pada tahun 2017, tak satupun dari 13 laga MU di 2018 berakhir imbang (10 menang, 3 imbang). Mereka memenangi enam dari tujuh laga terakhir.


- Ini akan jadi lawatan terakhir Arsene Wenger sebagai manajer Arsenal. Dia kalah di laga tandang pertama ke Old Trafford sebagai manajer The Gunners dengan skor 0-1 pada November 1996. Di sini pula Arsenal menelan kekalahan terbesarnya di liga dengan skor 2-8 pada Agustus 2011.

- Alexis Sanchez bisa menjadi pemain pertama yang mencetak gol untuk dan melawan tim yang sama di satu musim Premier League sejak Wilfried Bony pada 2014/2015. Bony mencetak gol untuk dan ke gawang Swansea dan Manchester City.

- Danny Welbeck mencetak gol di dua kunjungannya ke Old Trafford bersama Arsenal di semua kompetisi. Tak ada pemain Arsenal yang mencetak gol tandang ke gawang MU lebih banyak di bawah Arsene Wenger (Emmanuel Adebayor dan Sylvain Wiltord juga mencetak dua gol).

- Setelah hanya mencetak satu gol dalam 11 laga Premier League, Alexandre Lacazette sekarang sudah bikin empat gol di empat penampilan terakhir, termasuk dua gol di laga lawan West Ham United.
(raw/rin)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed