DetikSepakbola
Minggu 20 Mei 2018, 15:20 WIB

Setan Merah Tumpul Tanpa Lukaku

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Setan Merah Tumpul Tanpa Lukaku Romelu Lukaku cuma jadi pemain pengganti saat MU kalah di final Piala FA (Lee Smith/REUTERS)
FOKUS BERITA: Chelsea Juara Piala FA
London - Keputusan mencadangkan Romelu Lukaku berbuah fatal untuk Manchester United di final Piala FA. Lalu apa alasan Jose Mourinho melakukan itu?

MU dan Chelsea mempertaruhkan segalanya pada laga final di Wembley, Sabtu (20/5/2018) malam WIB kemarin mengingat itu jadi satu-satunya peluang mereka meraih gelar juara.

Tapi akhirnya Si Biru yang tersenyum di akhir laga setelah gol penalti Eden Hazard pada menit ke-22 tak mampu dibalas MU hingga 90 menit laga tuntas.

[Gambas:Video 20detik]




Kekalahan ini sungguh menyakitkan untuk MU mengingat dominannya mereka di pertandingan itu. Whoscored mencatat ada 18 shots dibuat tapi hanya lima yang mengarah ke gawang, sementara sembilan melenceng dan empat diblok.

Penguasaan bola yang mencapai 66 persen pun terbilang percuma dan Mourinho boleh mencak-mencak karena merasa timnya lebih pantas menang. Tapi, faktanya lini depan MU yang dipercayakan kepada Alexis Sanchez dan Marcus Rashford begitu lesu.

Sebenarnya MU punya Lukaku yang sudah pulih dari cedera engkel yang memaksanya absen sejak awal bulan inu, tapi kondisinya yang belum 100 persen membuatnya harus dicadangkan.

Padahal Lukaku adalah topskorer MU di kompetisi ini dengan lima gol. Masuknya Lukaku di 20 menit terakhir laga menggantikan Rashford seperti sia-sia saja.


"Tidak sulit (terkait keputusan mencadangkan Lukaku), karena itu adalah kemauannya, dia yang meminta," ujar Mourinho seperti dikutip FourFourTwo.

"Saya tahu seperti apa lawan yang akan dihadapi dan saya tahu mereka sangat kompak dalam mengadang bola-bola bawah dengan kekuatan fisik mereka saat menjaga pemain," sambungnya.

"Saya tahu tanpa adanya target man akan menyulitkan kami. Saya tahu setidaknya Fellaini bisa membantu dari lini kedua, menggunakan kekuatan fisik untuk menghadapi pertahanan mereka.

"Saya tahu itu akan sulit, tapi saya tidak mengira laga bakal seperti itu karena saya rasa itu terlalu berlebihan."

"Ketika pemain bilang bahwa mereka tidak siap main, tidak siap jadi starter, lalu pertanyaannya, 'Kamu bisa main berapa menit? Lalu bagaimana caranya saya bisa meyakinkan pemain yang tak siap? Itu mustahil," tutupnya.





(mrp/fem)

FOKUS BERITA: Chelsea Juara Piala FA
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed