DetikSepakbola
Selasa 21 Agustus 2018, 10:50 WIB

City Takkan Terjebak di Perangkap yang Sama Seperti Juara-Juara Sebelumnya

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
City Takkan Terjebak di Perangkap yang Sama Seperti Juara-Juara Sebelumnya Manchester City memulai Premier League 2018/2019 dengan memimpin klasemen. (Foto: Alex Livesey/Getty Images)
Jakarta - Manchester City memulai musim 2018/2019 dengan meyakinkan. Sang juara bertahan yakin takkan melorot performanya seperti para juara sebelumnya.

City musim lalu menjuarai Premier League dengan amat dominan dan bertabur rekor. The Citizens juara dengan raihan 100 poin, tertinggi di sejarah Premier League, plus catatan 106 gol dan 32 kemenangan yang jadi rekor.




Skuat Pep Guardiola memulai musim ini dengan meyakinkan. Usai menaklukkan Arsenal 2-0 di pekan pertama, City membungkam Huddersfield Town dengan skor 6-1. Sergio Aguero dkk. pun sementara memuncaki klasemen, unggul selisih gol dari Liverpool, Chelsea, Watford, Tottenham Hotspur, dan Bournemouth.

Bek City Vincent Kompany percaya diri kali ini timnya bisa kembali jadi protagonis dalam perburuan gelar juara. Kompany yakin performa City takkan merosot seperti para juara sebelumnya.

Seperti diketahui sejak 2008/2009 tak ada tim yang berhasil mempertahankan gelar Premier League. Bahkan belakangan ada tren tim juara anjlok posisinya di musim berikutnya.

Chelsea misalnya, setelah juara di musim 2014/2015 hanya finis di urutan 10 pada tahun berikutnya. The Blues juara lagi di musim 2016/2017, tapi finis kelima di musim lalu. Leicester City pun begitu. Usai juara di musim 2015/2016, The Foxes finis ke-12 pada musim berikutnya.

City sendiri belum pernah mengalami penurunan sedemikian hebatnya. Tapi setiap kali juara, City belum pernah berhasil mempertahankannya.

"Saya cuma bisa bilang ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya di mana kami memenangi liga," kata Kompany dikutip Sky Sports.

"Sudah ada begitu banyak peringatan yang kami lihat dan setiap waktunya kami harus berjuang melawan diri sendiri dan sifat kami, agar tidak terjebak di perangkap yang sama seperti tim-tim lain, termasuk tim saya beberapa tahun lalu," imbuhnya.
Satu hal yang dinilai Kompany menjadi bahan bakar untuk City kembali memimpin dalam perburuan gelar adalah persaingan internal yang bagus. Musim ini para pemain kian ambisius menunjukkan kualitasnya.

"Saya bisa melihat semua orang berlatih keras. Ada persaingan begitu besar di tim yang memang harus kami jalani bagaimanapun juga," sambung bek asal Belgia ini.

"Saya tak bilang kami akan melaju sebaik musim lalu. Tapi kalau itu terjadi di mana musim ini berjalan berbeda, maka itu haruslah karena tim-tim lain menguat, bukan karena kami melemah," tandasnya.


City Juara, Manchester Membiru, Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]


(raw/krs)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed