sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 13 Sep 2018 14:27 WIB

Di Antara Penerbangan 80 Ribu Km, Son Catat Juara di Stadion Pakansari

Femi Diah - detikSport
Son Heung-min saat membela timnas Korea Selatan menghadapi Chile di Suwon Worldcup Stadium pada 11 September( Yonhap via Reuters)
Jakarta - Son Heung-min kembali bergabung dengan Tottenham Hotspur setelah menempuh penerbangan 80.467 km sepanjang musim panas. Sempat mengukir gelar juara di Stadion Pakansari.

Saat pemain lain berlibur pada offseason, Son justru sebaliknya. Pemain 26 tahun itu menjalani periode sibuk. Membela klub dan timnas Korea Selatan.

Setelah kompetisi musim 2017/2018 berakhir, Son langsung bergabung dengan timnas Korsel untuk tampil di Piala Dunia Rusia. Bersama-sama timnas Korsel, Son tampil dalam tiga pertandingan di tiga kota berbeda. Di Piala Dunia itu, Son mencetak dua gol, ke gawang Meksiko dan Jerman.

Sebelum betul-betul tampil di Piala Dunia, Son menuju Seoul lebih dulu untuk menjalani dua laga uji coba. Yakni, menghadapi Honduras dan Bosnia. Kemudian, mereka terbang ke Leogang di Austria (menghadapi Bolivia dan Senegal) barulah menuju Sr Petersburg.

Sempat kembali ke Seoul, Son kemudian ke London untuk bergabung dengan Spurs dan menuju Los Angeles untuk tampil di International Champions Cup. Son turun pada dua pertandingan, menghadapi Barcelona dan AS Roma.

Usai turnamen itu, Son dan penggawa Spurs terbang ke London lagi. Sempat tampil pada laga perdana Premier League 2018/2010, menghadapi Newcastle, dalam tempo 10 meniit, Son bablas ke Soreang, Bandung. Dia bergabung dengan Timnas U-23 untuk tampil di Asian Games 2018.

Kendati tak melakoni perpindahan venue dengan jalan udara, namun perjalanan darat Son dan timnas Korsel selama di Indonesia cukup panjang.




Korsel dan Malaysia, Bahrain, serta Kirgizstan yang tergabung dalam Grup E menjalani babak penyisihan grup di Stadion si Jalak Harupat. Korsel lolos sebagai juara grup.

Di babak 16 besar, timnas Korsel menghadapi Iran di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang. Menang 2-0 atas Iran, Korsel melawan Uzbekistan di di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi pada babak perempatfinal. Laga itu berakhir dengan penalti 4-3.

Di babak semifinal, Korsel menghadapi Vietnam di Stadion Pakansari, Cibinong. Medali emas dikantongi Son usai mengalahkan Jepang juga di Stadion Pakansari.

Sepanjang Asian Games, Son tampil dalam enam laga. Usai mengukuhkan menjadi juara, juga terbebas dari wajib militer, Son terbang ke Seoul untuk bersama-sama timnas Korsel senior. Dia turun pada dua pertandingan, menghadapi Kosta Rika dan Chile.

Perjalanan Son belum usai. Dia harus terbang ke London untuk bergabung dengan Spurs dan sudah ditunggu laga lanjutan Premier League. Spurs dijadwalkan menjamu Liverpool di Wembley, Sabtu (15/9/2018) malam WIB.

ESPN mencatat Son menempuh penerbangan sekitar 50 ribu mil atau 80.467 km selama musim panas 2018. Son sih menganggapnya sebagai musim panas yang sama dengan sebelumnya.

"Saya rasa musim panas ini seperti sebelumnya, kecuali dengan saya harus melakoni perjalanan yang sedikit lebih banyak," kata Son seperti dikutip ESPN.

"Saya selalu menjalani musim panas yang sibuk. Dan bukan cuma saya yang seperti itu. Kelelahan bukanlah alasan," kata Son.


Simak Juga 'Berlaku Rasis, Pemain Chile Dipermalukan Song-Heung-min':

[Gambas:Video 20detik]


Di Antara Penerbangan 80 Ribu Km, Son Catat Juara di Stadion Pakansari
(fem/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com