DetikSepakbola
Minggu 16 September 2018, 10:20 WIB

Emery: Gol Xhaka Jadi Kunci Kebangkitan Arsenal

Femi Diah - detikSport
Emery: Gol Xhaka Jadi Kunci Kebangkitan Arsenal Foto: Scott Heppell/Reuters
Newcastle upon Tyne - Arsenal baru dapat mencetak gol di babak kedua saat mengalahkan Newcastle United 2-1. Manajer Unai Emery menyebut gol Granit Xhaka menjadi momen kebangkitan timnya.

Dalam pertandingan pekan kelima Liga Inggris di St. James' Park, Sabtu (15/9/2018) malam WIB, Arsenal baru dapat mengembangkan permainan di babak kedua. Arsenal membuka keunggulan lewat tendangan bebas Granit Xhaka pada menit ke-49. Keunggulan itu digandakan oleh Mesut Oezil sembilan menit kemudian.

Newcastle baru mencetak gol balasan di masa injury time. Sundulan Ciaran Clar mengagalkan clean sheet The Gunners.




Emery mengakui rencana pertandingan di babak pertama tak berjalan. Dia menilai serangan Arsenal tak berbahaya di paruh waktu pertama.

"Di babak pertama, kami tidak mengontrol pertandingan sesuai harapan. Semestinya, kami mengontrol ide-ide kami. Kami kecolongan beberapa peluang saat transisi dan serangan balik, tapi tak membuat peluang emas," kata Emery seperti dikutip situs resmi klub.

"Sementara, lawan membuat banyak sepak pojok dan memiliki peluang besar untuk menguasai area penalti kami," ujar dia.

Emery membuat perubahan di babak kedua. Dia tak menurunkan Matteo Guendouzi usai turun minum. Dia diganti oleh Lucas Torreira.

Pergantian itu berhasil. Arsenal membuka rekening gol lewat tendangan Xhaka.

"Di babak kedua, keseimbangan di lapangan membaik, penguasaan dan transisinya. Saya rasa kuncinya ada pada gol pertama. Gol itu membuat kami lebih percaya diri dan bisa tampil lebih baik. Akhirnya, kami bisa menyelesaikan pertandingan dengan kemenangan," ujar dia.



(fem/raw)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed