DetikSepakbola
Jumat 19 Oktober 2018, 15:05 WIB

Makelele Beberkan Chelsea yang Tak Percaya Diri Sebelum Kedatangan Mourinho

Femi Diah - detikSport
Makelele Beberkan Chelsea yang Tak Percaya Diri Sebelum Kedatangan Mourinho Foto: Shaun Botterill/Getty Images
FOKUS BERITA: Chelsea 2-2 Man United
London - Di tengah panasnya kursi Jose Mourinhho di Manchester United, Claude Makelele membeberkan kenangan lain soal manajer asal Portugal itu. Dia sosok yang amat berbeda bersama Chelsea.

Mourinho bergabung dengan Chelsea di periode pertama pada musim panas 2004. Itu berjarak satu tahun setelah Makalele bergabung dengan The Blues dari Real Madrid.

Saat itu, Chelsea sedang paceklik selama empat tahun. Mourinho membalikkan situasi tersebut dengan meraih gelar juara Premier League beruntun.




Suasana ruang ganti menjadi sangat tidak kondusif. Para pemain tak percaya diri.

Makalele heran dengan kondisi itu. Sebab, dia tak menemukan situasi itu saat bermain bersama Real Madrid, klub sebelum dia pindah ke Chelsea.

"Saat saya tiba di Chelsea, saya melihat suasana yang mengejutkan. Ada dua tim besar kala itu, Manchester United dan Arsenal. Setiap kali kami akan menghadapi emreka, banyak gumanan,"Itu akan sulit," ujar Makelele seperti dikutip Sky Sport.

"Apa? Kita tak bisa mengalahkan Arsena? Tim kami tak percaya diri dan itu mengejutkan saya. Ketika saya menghadapi itu, saya ingin seluruh anggota tim optimsitis dan bilang,"Tidak, itu mungkin," tutur Makelele.

Bersama Mourinho-lah perubahan itu digapai. Mereka menjadikan Chelsea menjadi tim yang disegani.

"Kami mengubah mental dan setelah itu kami mengalakan mereka dan bertarung untuk mendapatkan trofi Premier League. Saya belajar banyak dari seorang Mourinho tentang menjadi kompetitor, soal menjadi fokus kepada detail dan konsekuensi tentang manajerial," ujar dia.

"Dia membuat saya mengenal sepakbola dengan cara yang berbeda. Sepakbola bukan sekadar kegembiraan. Dia membuat kalian memahami sepakbola itu soal sosial, kerja sama, fans, media, dan detailnya," dia menegaskan.

Kini, Mourino hanya perlu membangun apa yang sudah dibuatnya bersama Chelsea di Manchester United. salah satu jalannya dengan mengalahkan Chelsea di Stamford Bridge pada Sabtu (20/10) malam WIB.

Sanggupkah?





Saksikan juga video 'Mourinho Komentari Gaya Bermain Chelsea':

[Gambas:Video 20detik]


(fem/cas)

FOKUS BERITA: Chelsea 2-2 Man United
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed