DetikSepakbola
Senin 12 November 2018, 11:36 WIB

Ada 44 Umpan sebelum Guendogan Menjebol Gawang MU

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Ada 44 Umpan sebelum Guendogan Menjebol Gawang MU Ilkay Guendogan saat menjebol jala Manchester United (Darren Staples/Reuters)
FOKUS BERITA: Panas Derby Manchester
Manchester - Gol Ilkay Guendogan ke gawang Manchester United menahbiskan kehebatan Manchester City memainkan tiki-taka ala Pep Guardiola. Ada 44 umpan dilepaskan sebelum gol terjadi.

Guendogan mencetak gol ketiga City pada laga Derby Manchester di Etihad Stadium, Minggu (11/11/2018) dinihari WIB kemarin. Sebelum gol itu, MU sempat memperkecil skor lewat penalti Anthony Martial setelah City dua kali bikin gol dari kaki David Silva dan Sergio Aguero.

Seperti biasa City memainkan sepakbola tiki-taka khas Guardiola yang mengutamakan penguasaan bola dari kaki ke kaki untuk membongkar pertahanan lawan. Sebanyak 704 passing dibuat para pemain City dengan tingkat sukses 91 persen, nyaris dua kali lipat dari total passing MU yang "cuma" 380.






Ada 643 passing yang sukses dengan 44 di antaranya berujung gol ketiga yang dibuat oleh Guendogan pada menit ke-86. Membangun serangan dari lini belakang yang dikomandoi oleh John Stones dan Aymeric Laporte, bola banyak diputar lebih dulu di tengah lapangan oleh Fernandinho.

Pertamanya City coba membongkar pertahanan MU dari sisi kiri yang ditempati Leroy Sane, Raheem Sterling, dan Benjamin Mendy. Tapi kemudian bola digulirkan lagi ke sisi kanan yang diisi oleh Kyle Walker, Guendogan, dan Bernardo Silva.

Sampai pada satu momen, Guendogan melihat Sterling berada di dalam kotak penalti dan mengoper bola sebelum dikembalikan ke Bernando Silva. Nama terakhir langsung mengumpan ke depan gawang yang disambut sepakan terukur Guendogan.






Ada total 44 operan yang mengawali gol Guendogan ini jadi proses gol terpanjang pertama setelah terakhir kali terjadi pada September 2015. Saat itu MU asuhan Louis van Gaal membuat total 45 passing sebelum menjebol gawang Southampton lewat Juan Mata.



(mrp/nds)

FOKUS BERITA: Panas Derby Manchester
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed