DetikSepakbola
Kamis 15 November 2018, 23:30 WIB

Mulai 2019/2020, Premier League Akan Pakai VAR

Redzi Arya Pratama - detikSport
Mulai 2019/2020, Premier League Akan Pakai VAR VAR akan dipakai di Liga Inggris mulai 2019/20. (Foto: Carl Recine/Action Images via Reuters)
London - Sistem Video Assistant Referees (VAR) akhirnya akan dipakai di Premier League mulai musim 2019/2020. Menyusul persetujuan klub-klub.

Pihak liga secara formal akan meminta izin resmi kepada Asosiasi Sepakbola Internasional dan FIFA untuk menggunakan VAR mulai musim depan.

"Klub-klub Premier League telah mencapai kesepakatan untuk memperkenalkan Video Assistant Referees (VAR) pada kompetisi 2019/2020," tulis situs resmi Premier League.


"Pada rapat pemegang saham hari ini (Kamis (15/11/2018), klub diberikan update soal percobaan VAR non-live yang dilakukan oleh liga dan Professional Game Match Officials (PGMOL) musim ini," lanjut mereka.

Liga Inggris bisa dibilang terlambat memakai VAR. Pasalnya, Liga Italia, Bundesliga, Liga Spanyol, bahkan MLS sudah memakainya lebih dahulu. Plus, sejumlah pertandingan Piala FA dan Piala Liga.


Selain itu VAR juga akan mulai dipakai di Liga Champions pada musim depan.

Premier League sudah melakukan percobaan VAR non-live yang akan dilanjutkan sampai akhir musim ini.

Sebelumnya sudah ada desakan untuk menggunakan VAR di Premier League selama beberapa tahun. Namun, pada April lalu klub-klub Premier League memveto untuk memakai VAR pada musim 2018/19.



(rin/rin)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed