sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 23 Jan 2019 19:57 WIB

Mencari Emiliano Sala, Pemain yang Sempat Lebih Tajam daripada Messi

Yanu Arifin - detikSport
Penyerang Emiliano Sala belum ditemukan usai kecelakaan pesawat (Stephane Mahe/REUTERS) Penyerang Emiliano Sala belum ditemukan usai kecelakaan pesawat (Stephane Mahe/REUTERS)
FOKUS BERITA RIP Emiliano Sala
Jakarta - Emiliano Sala, penyerang anyar Cardiff City, masih belum jelas nasibnya setelah pesawat yang ditumpanginya hilang. Berikut profil pesepakbola 28 tahun itu.

Sala menumpangi pesawat yang hilang kontak di utara laut Alderney, Les Casquete, Minggu (20/1/2019) pada pukul 20.23 waktu Prancis. Pesawat berjenis Piper PA-46 itu cuma membawa dua orang, Sala dan sang pilot.

Dunia sepakbola pun mulai dirundung duka, sebab banyak anggapan Sala tidak akan selamat. Terlebih, Sala sempat mengirim rekaman suara ketakutan saat pesawatnya bermasalah.

Hingga Rabu (23/1/2019), pesawatnya hilang dan masih belum ditemukan. Di Nantes dan Cardiff, tribute untuk Sala mulai dilakukan.




Siapa Sala? Sala adalah pemain anyar Cardiff, yang dibeli dari Nantes. Pemain asal Argentina itu ditebus sebesar 15 juta pound sterling atau sekitar Rp 276,7 miliar di bursa transfer musim dingin ini.

Sala bernama punya nama lengkap Emiliano Raul Sala Taffarel. Lahir di Cululu, Santa Fe, Argentina, 31 Oktober 1990, pemain berpostur 187 cm itu mengawali karier akademinya di Club San Martín de Progreso pada 1994-2005. Kemudian ia pindah ke Proyecto Crecer, sebelum diangkut Bordeaux pada 2010.

Bersama Bordeaux, kariernya kurang oke dengan cuma bermain 11 kali. Sala pun sempat dipinjamkan ke berbagai klub Ligue 2 seperti US Orleans, Chamois Niortais FC, dan klub Ligue 1 Caen. Penampilannya oke di Orleans, dengan mencetak 17 gol dari 37 penampilan.

Sejak 2015, Sala dibeli Nantes dari Bordeaux seharga satu juta euro. Penampilannya terbilang konsisten, dengan mencetak 6 gol di musim pertamanya, lalu 15 gol dan 14 gol di dua musim berikutnya.

Musim ini, Sala bermain apik dengan catatan golnya sempat lebih banyak dari Lionel Messi, Sergio Aguero, dan Gonzalo Higuain. Ya, Sala sempat menjadi pemain Argentina tertajam di kompetisi Eropa musim ini.

Tercatat hingga 7 November 2018, catatan gol Sala untuk Nantes di Prancis sudah mencapai 10 gol, mengalahkan Messi untuk Barcelona di Spanyol (7), Sergio Aguero untuk Manchester City di Inggris (7), Mauro Icardi untuk Inter Milan di Italia (6) dan Gonzalo Higuain untuk AC Milan (5).

Sebelum pindah, Sala sudah menyumbang 13 gol untuk Nantes di semua kompetisi musim ini. Hingga saat ini, catatan gol Sala cuma kalah dari Messi yang sudah mencetak 25 gol, Aguero dan Icardi (14), dan unggul dari Higuain yang baru mencetak 8 gol untuk Milan.

Dari 13 gol Sala, 12 di antaranya ia lesakkan di Ligue 1. Sala pun masuk 10 besar daftar top skorer di Prancis, cuma kalah dari Kylian Mbappe (17 gol), Cavani (14), Neymar (13), Nicolas Pepe (13). Setelah mencetak 48 gol dan 13 assist dari 133 penampilan, Sala meninggalkan Nantes untuk memulai petualangan baru di Inggris.

Namun, Sala menghilang. Saat terbang dari Nantes ke Cardiff, untuk mendarat di klub barunya, pesawatnya hilang kontak. Proses pencarian pada pemain yang sempat lebih tajam dari Messi itu masih terus dilakukan. Berharap Sala ditemukan dalam kondisi selamat, dan bisa kembali mencetak gol demi gol lagi.


(yna/mrp)
FOKUS BERITA RIP Emiliano Sala
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed