sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 07 Feb 2019 20:55 WIB

Pesawat yang Ditumpangi Sala Tak Layak Terbang?

Putra Rusdi Kurniawan - detikSport
Emiliano Sala saat di nantes. (Foto: LOIC VENANCE / AFP) Emiliano Sala saat di nantes. (Foto: LOIC VENANCE / AFP)
FOKUS BERITA RIP Emiliano Sala
Cardiff - Pesawat yang ditumpangi Emiliano Sala dikabarkan tak layak menempuh perjalanan jauh. Ini disebut-sebut menjadi sebab kecelakaan yang menimpa pria 28 tahun ini.

Pesawat Piper Malibu PA-46 yang ditumpangi oleh Sala dan seorang pilot, David Ibbotson, jatuh dua pekan lalu. Pesawat tersebut terbang dari Nantes menuju Cardiff pada 21 Januari 2019.

Kini, usaha pencarian terhadap bangkai pesawat tersebut sudah membuahkan hasil. Badan pesawat ditemukan di dasar laut sekitar Pantai Guernsey, di Selat Inggris. Satu jasad sudah dievakuasi. Masih belum tahu apakah itu jenazah Sala atau sang pilot.

Penyelidikan juga dilakukan terkait penyebab kecelakaan. Banyak pihak menggangap kondisi pesawat jadi salah satu sebab insiden yang menimpa Sala ini terjadi.

Pesawat Pipe Malibu PA-46 yang dinaiki Sala merupakan model lama yang tak bisa diterbangkan dalam kondisi cuaca dingin.




"Saya tidak yakin pesawat itu diperlengkapi alat untuk menghadapi musim dingin, karena ini model yang tua, ujar Harro Ranter, pendiri Organisasi Keselamatan Penerbangan dilansir dari Express.

Sebelumnya memang sempat muncul isu bahwa menerbangkan pesawat bermesin tunggal menempuh perjalanan jauh di Prancis adalah hal yang ilegal. Namun isu tersebut dibantah oleh Otoritas Penerbangan Inggris (CAA).

"Tidak ada yang melarang pesawat komersial bermesin tunggal terbang saat malam hari. Beberapa tahun yang lalu memang ada aturan dimana pesawat bermesin turbin dibatasi terbang hanya pada siang hari," ujar Richard Keogh juru bicara CAA.

"Namun sekarang mereka bisa terbang di malam hari dan dalam kondisi sulit. Tapi kita tidak tahu mesin apa yang dimiliki pesawat ini (yang mengangkut Sala)," tambahnya.


(cas/ran)
FOKUS BERITA RIP Emiliano Sala
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed