sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 15 Feb 2019 12:56 WIB

Jose Mourinho yang Makin Kaya Setiap Kali Dipecat

Putra Rusdi Kurniawan - detikSport
Jose Mourinho selalu dapat kompensasi besar dari klub yang memecatnya (Dan Istitene/Getty Images) Jose Mourinho selalu dapat kompensasi besar dari klub yang memecatnya (Dan Istitene/Getty Images)
Manchester - Terlepas dari kenyataan pahit dipecat, Jose Mourinho makin kaya setiap kali di-PHK. Dia berulang membuat klub yang melengserkannya membayar kompensasi besar.

Manchester United baru saja memublikasikan bahwa mereka harus mengeluarkan dana senilai 19,6 juta pound sterling (Rp 353 miliar) untuk memecat Jose Mourinho. Jumlah tersebut harus dibayarkan Setan Merah sebagai uang kompensasi karena kontrak The Special One di Old Trafford sebenarnya baru berakhir pada 2020.

Pemecatan yang diikuti keluarnya uang kompensasi sudah berulang kali didapat Mourinho. Pria asal Portugal semakin kaya tiap dilengserkan timnya.



Tercatat sebelum diberhentikan Setan Merah, Mourinho juga mendapat 'uang saku' dari Chelsea yang dua kali memutus kontraknya di tengah jalan.

Dilansir dari Daily Mail, saat pertama kali dipecat oleh Chelsea pada September 2007, Mourinho dikabarkan mendapat pesangon dari Roman Abramovich senilai 18,2 juta poundsterling (Rp. 328 miliar).

Sosok kelahiran Setubal ini kembali memaksa The Blues merogoh koceknya saat memecat Mourinho di periode keduanya di Stamford Bridge pada Desember 2015. Namun kali ini nilainya lebih kecil hanya 9,5 juta pound sterling (Rp. 171 miliar).



Satu-satunya tim yang sukses memecat Mourinho tanpa harus mengeluarkan uang pesangon adalah Real Madrid. Saat memecat pada Mei 2013, El Real kukuh untuk tidak memberi kompensasi kepada The Special One.

Raksasa La Liga ini kemudian memilih untuk mencapai kesepakatan bersama dengan Mourinho untuk mengakhiri kerja sama keduanya saat kontrak sang pelatih habis di Juni 2013.

Jadi jika ditotal pria 56 tahun tersebut mendapat 47,5 pound sterling (Rp 858 miliar) dari uang kompensasi yang diberikan oleh klub yang memecatnya.

(din/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed