sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 22 Feb 2019 18:03 WIB

Chelsea Dihukum Larangan Rekrut Pemain di Dua Bursa Transfer

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Chelsea dilarang rekrut pemain baru di dua bursa transfer. Foto: Jamie McDonald/Getty Images Chelsea dilarang rekrut pemain baru di dua bursa transfer. Foto: Jamie McDonald/Getty Images
London - Chelsea resmi dijatuhi sanksi oleh FIFA. Chelsea dilarang mendatangkan pemain di dua jendela transfer: musim panas 2019 dan musim dingin 2020.

The Blues juga dihukum denda lebih dari 460 ribu pound sterling (Rp 8,4 miliar) dan Badan Sepakbola Inggris alias FA didenda 390 ribu pound (Rp 7,1 miliar). Demikian dilaporkan Sky Sports.

Chelsea terbukti bersalah atas 29 insiden yang melanggar pasal 19 terkait dengan transfer para pemain di bawah usia 18 tahun. Hukuman ini dijatuhkan setelah FIFA mengadakan penyelidikan selama tiga tahun terhadap transfer lebih dari selusin pemain yang dilakukan Si Biru.


Salah satu transfer Chelsea yang bermasalah adalah saat mendaratkan Bertrand Traore di 2013. Chelsea juga dua kali melanggar regulasi tentang pengaruh pihak ketiga yang tertuang dalam pasal 18bis.

Dengan hukuman ini Chelsea masih bisa menjual para pemainnya. Namun, Chelsea tidak akan bisa mendaftarkan pemain-pemain barunya.


"Hukuman ini diterapkan kepada klub sebagai keseluruhan, dengan pengecualian dari tim putri dan tim futsal, dan tidak melarang pelepasan para pemain," bunyi pernyataan FIFA.

Meski begitu, Chelsea bisa sedikit lega karena pembelian Christian Pulisic dari Borussia Dortmund tidak akan terpengaruh. Pulisic sudah didaftarkan di Transfer Matching System FIFA pada Januari.

Chelsea dipersilakan mengajukan banding dalam waktu tiga hari. (rin/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com