sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 02 Mar 2019 23:59 WIB

Hasil Liga Inggris: Lukaku Dua Gol, MU Menang Dramatis 3-2 atas Southampton

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
MU menang dramatis 3-2 atas Southampton. (Foto: Shaun Botterill/Getty Images) MU menang dramatis 3-2 atas Southampton. (Foto: Shaun Botterill/Getty Images)
Jakarta - Manchester United memenangi laga ketat saat menjamu Southampton di Old Trafford. Sempat tertinggal, gol Romelu Lukaku di menit-menit akhir memenangkan MU 3-2.

Menjamu Soton di Old Trafford, Sabtu (2/3/2019) malam WIB, MU tampil dominan. Tapi tuan rumah justru tertinggal lebih dulu usai kebobolan gol jarak jauh Yan Valery di menit ke-26.

Menutup babak pertama dalam posisi tertinggal, MU meningkatkan intensitas di paruh kedua. Hasilnya sepakan terukur Andreas Pereira menyamakan skor untuk mereka di menit ke-53.

Enam menit berselang, Lukaku membalikkan keadaan. Tapi Soton merespons lewat gol tendangan bebas James Ward-Prowse di menit ke-75.

MU terus menekan tamunya di 10 menit terakhir, hingga Lukaku mencetak gol penentu kemenangan di menit ke-88. MU bisa saja memperbesar selisih setelah mendapatkan penalti di masa injury time. Namun eksekusi Paul Pogba digagalkan kiper.

Dengan kemenangan ini, MU naik ke posisi empat klasemen dengan 58 poin dari 29 laga. Mereka unggul satu poin dari Arsenal, yang mesti turun satu posisi. Sementara Soton tertahan di urutan 17 dengan 27 poin.




Jalannya Pertandingan

MU memulai dengan mengambil inisiatif. Aksi Marcus Rashford mengecoh pemain Southampton di sisi kanan diakhiri dengan umpan silang, mengincar Romelu Lukaku di tengah. Tapi bola masih terlalu jauh dari Lukaku.

Semenit berselang, Lukaku mendapatkan bola liar dan melepaskan sepakan mendatar. Angus Gunn dengan sigap menepis bola sembari menjatuhkan diri.

Setelah melakukan penyelamatan, Gunn nyaris saja membuat kesalahan fatal. Dia kurang tepat mengantisipasi umpan lambung Andreas Pereira yang ternyata mengarah ke gawang. Dengan sedikit kewalahan, Gunn menepis bola ke atas.

MU membuang peluang berharga di menit keenam. Lukaku kembali mendapatkan bola liar, kali ini di depan gawang. Namun bola sontekannya bisa dicegat Gunn.

Soton merespons di menit ke-12 dari sepak pojok. Umpan lambung ditanduk Jannik Vestergaard, tapi bola masih melebar.

Tim tamu mengklaim penalti tak lama berselang, usai Ryan Bertrand terjatuh dalam duel dengan Chris Smalling. Wasit tak menggubris permintaan tersebut.

MU kebobolan di menit ke-26. Di tengah, Charlie Austin menyodorkan bola ke Yan Valery di sisi kanan. Valery lantas melepaskan sepakan deras yang tak kuasa dihentikan David de Gea dan berakhir di pojok kanan atas gawang.

Peluang untuk MU di menit ke-32. Umpan terobosan Alexis Sanchez meloloskan Luke Shaw di kiri, yang kemudian meneruskan bola ke tengah. Hanya saja Rashford dan Lukaku gagal menyambar bola, Soton pun mengamankan situasi.

Dua menit berikutnya, MU menciptakan peluang lain. Lukaku dalam posisi bebas untuk menyambut umpan silang Andreas Pereira, tapi bola sedikit terlalu deras dan gagal dicocor ke dalam gawang.

MU nyaris mencetak gol di menit ke-41. Sundulan Smalling tipis saja di sisi kanan, bola lantas sempat diselamatkan Rashford di samping gawang sebelum out. Namun tak menghasilkan apapun untuk MU.

MU terhindar dari penalti semenit berselang, ketika Ashley Young tertangkap kamera mengganjal kaki Bertrand dan membuat winger Soton itu terjatuh. Beruntung bagi tuan rumah, wasit tak melihatnya sebagai pelanggaran. Babak pertama berakhir untuk keunggulan Soton.




Setelah peluang Rashford berakhir melebar, MU menyamakan kedudukan di menit ke-53. Pereira melepaskan tembakan melengkung yang terukur, berakhir di pojok kanan atas gawang tanpa mampu dijangkau Gunn.

Hanya berjarak enam menit, MU berbalik unggul. Lukaku menerima umpan dari Pereira di dalam kotak penalti, membuka ruang tembak dengan sedikit gerak tipu ke kanan, lalu menceploskan bola mendatar ke dalam gawang.

Diogo Dalot melepaskan tembakan jarak jauh pada menit ke-65. Masih melebar ke kiri gawang.

Southampton menyamakan skor 10 menit berselang. Menghadapi tendangan bebas di depan kotak penalti MU, James Ward-Prowse menaklukkan De Gea dengan tembakan ke arah pojok kiri atas gawang.

MU mencoba lebih menekan Soton memasuki 10 menit terakhir. Tapi mereka justru sempat terancam oleh sepakan Vestergaard, yang gagal diselesaikan dengan sempurna dan berakhir melebar.

Gol MU! MU kembali memimpin di menit ke-88, setelah sepakan Lukaku dari depan kotak penalti tak mampu dijangkau Gunn dan berakhir di pojok kanan bawah gawang.

Di menit ke-94, MU mendapatkan penalti setelah Rashford dijatuhkan Armstrong. Pogba maju sebagai eksekutor, di mana tendangannya yang mengarah ke tengah dihalau Gunn. Tak ada gol lain tercipta hingga laga usai.




Susunan pemain:

MU: David de Gea; Ashley Young (c), Chris Smalling, Victor Lindelof, Luke Shaw; Scott McTominay, Andreas Pereira (Fred 82'), Paul Pogba; Marcus Rashford (Tahith Chong 95'), Romelu Lukaku, Alexis Sanchez (Diogo Dalot 52')

Southampton: Angus Gunn; Jan Bednarek, Maya Yoshida (Sam Gallagher 90'), Jannik Vestergaard; Yan Valery, James Ward-Prowse, Oriol Romeu, Pierre-Emile Hojbjerg (c), Ryan Bertrand; Nathan Redmond, Charlie Austin (Stuart Armstrong 63') (raw/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com