sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 20 Apr 2019 03:01 WIB

Dengan Berat Hati, Guardiola Akui Masih Dukung VAR

Putra Rusdi Kurniawan - detikSport
VAR saat membatalkan gol Manchester City ke gawang Tottenham Hotspur, yang membuat The Citizen tersingkir dari Liga Champions. (Foto: Andrew Yates/Reuters) VAR saat membatalkan gol Manchester City ke gawang Tottenham Hotspur, yang membuat The Citizen tersingkir dari Liga Champions. (Foto: Andrew Yates/Reuters)
Manchester - Video Assistant Referee (VAR) berperan saat Manchester City didepak Tottenham Hotspur di Liga Champinons. Kendati begitu, Pep Guardiola masih mendukungnya.

City secara menyakitkan tersingkir dari Liga Champions musim ini. Kemenangan 4-3 atas Tottenham dalam leg kedua di Stadion Etihad, Kamis (18/4/2019) dini hari, tak cukup meloloskan The Citizen karena tetap kalah produktivitas gol tandang dalam agregat 4-4.

Dalam pertandingan leg kedua, City sedianya nyaris menang. Saat kedudukan masih 4-3, Raheem Sterling mencetak gol di injury time yang membuat skor menjadi 5-3, skor yang sudah cukup meloloskan City ke semifinal. Tapi, gol itu dibatalkan VAR.




Saat itu, Sterling mencetak gol usai menerima umpan Sergio Aguero di kotak penalti. Wasit Cuneyt Cakir kemudian membatalkannya, sebab Aguero rupanya sudah dalam posisi offside sebelum mengoper bola ke Sterling.

Sebelumnya, VAR juga membuat City gigit jari saat Tottenham mencetak gol ketiganya. Gol Fernando Llorente yang berbau handball, justru disahkan sang pengadil usai mengeceknya lewat video ulang.

Meski City cukup dirugikan VAR, Guardiola mengaku tetap mendukung penggunaan teknologi tersebut. Ia menilai, mau seberat apapun keputusan yang dihasilkan, ia menyebut VAR sudah sangat membantu di sepakbola.




"Anda tahu pendapat saya tentang VAR, Anda tahu, tidak ada yang berubah. Tentu saja apa yang terjadi adalah sesuatu yang berat," ujar Guardiola dilansir Sportskeeda.

"Wasit membuat kesalahan yang manusiawi, seperti semua orang, tetapi VAR ada di sini untuk membantunya. Mereka bisa membuat kesalahan, bahkan dengan VAR. Wasit membutuhkan waktu, lebih lama... beberapa detik atau menit untuk melihat video dari sudut pandang berbeda."

"Membuat kesalahan dengan VAR, setelah itu saya tidak setuju, Anda harus meluangkan waktu untuk membuat keputusan yang tepat. Saya mendukungnya sejak pertama kali, hal tersebut akan membuat sesuatu menjadi adil. Jika Raheem mencetak gol dan mereka [Tottenham] tersingkir karena gol offside, ini yang berat dan saya tidak suka itu," jelasnya.




(yna/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com