sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 25 Apr 2019 11:12 WIB

Man United Menurun, Solskjaer Bawa-Bawa Guardiola

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Manchester United tumbang dari Manchester City di Old Trafford. (Foto: Catherine Ivill/Getty Images) Manchester United tumbang dari Manchester City di Old Trafford. (Foto: Catherine Ivill/Getty Images)
FOKUS BERITA Panas Derby Manchester
Jakarta - Manchester United malah menurun sejak Ole Gunnar Solskjaer dipermanenkan. Solskjaer menyebut butuh waktu untuk benar-benar membuat tim stabil.

MU kembali menelan kekalahan, kali ini menjamu Manchester City di Old Trafford, Kamis (25/4/2019) dinihari WIB. 'Setan Merah' tumbang 0-2 pada derby ini, usai dibobol Bernardo Silva dan Leroy Sane.

Ini merupakan kekalahan ketiga beruntun MU di semua kompetisi setelah dari Barcelona dan Everton. Kekalahan ini adalah yang ketujuh dalam sembilan pertandingan terakhir mereka.




Padahal sebelumnya MU hanya menelan satu kekalahan di 17 pertandingan pertama Solskjaer sebagai manajer. Dalam periode itu, mereka memetik 14 kemenangan.

Sementara jika dihitung dari masa sejak Solskjaer diberi status manajer permanen, ini adalah kekalahan kelima dalam tujuh pertandingan (2 kemenangan). Sedang saat masih berstatus caretaker, dia melalui 19 laga dengan 14 kemenangan dan tiga kekalahan.

Penurunan performa ini membuat MU kembali terancam gagal lolos ke Liga Champions. Saat ini Paul Pogba dkk masih tertahan di posisi enam dengan 64 poin dari 35 laga, tertinggal tiga poin dari Chelsea di posisi empat yang jadi batas zona Liga Champions.




Ada tiga pertandingan tersisa, salah satunya melawan Chelsea, yang menjadi kesempatan MU untuk mencoba menyelamatkan musim.

Terkait masih belum stabilnya MU, Solskjaer mengakui butuh waktu dan proses. Pria Norwegia itu pun membandingkan dengan apa yang dilakukan Pep Guardiola di Manchester City dalam tiga tahun terakhir ini.

Pada musim pertamanya, Guardiola tak memenangi apapun dan hanya finis ketiga di Premier League. Dia lantas mengantar City meraih double di musim kedua, menjuarai liga dan Piala Liga Inggris.

Musim ini City sudah memenangi Piala Liga Inggris dan berkesempatan meraih titel Premier League dan Piala FA.




"Semua orang bisa melihat apa yang City lakukan dalam beberapa tahun terakhir. Dia (Guardiola) menjalani musim pertama yang berat, tapi telah membalikkannya dan mereka sudah memasang standar," ujarnya dikutip BBC.

"Dalam jangka pendek, kami masih berada di persaingan untuk empat besar. Kami tahu kami mesti menunjukkan performa bagus melawan Chelsea," imbuh Solskjaer. (raw/mrp)
FOKUS BERITA Panas Derby Manchester
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com