sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Minggu, 19 Mei 2019 00:55 WIB

Man City Juara Piala FA 2018/2019

Randy Prasatya - detikSport
Manchester City melumat Watford 6-0. (Foto: Alex Morton/Getty Images) Manchester City melumat Watford 6-0. (Foto: Alex Morton/Getty Images)
London - Manchester City berhasil juara Piala FA 2018/2019. Hasil tersebut didapat setelah mengalahkan Watford 6-0.

City sangat perkasa saat berhadapan dengan Watford di Stadion Wembley, Sabtu (18/5/2019) malam WIB. The Citizens memaksa lawannya untuk lebih banyak main bertahan.

Setelah terus melancarkan serangan, City akhirnya bisa mencetak gol di menit ke-26 lewat David Silva. Raheem Sterling membawa City unggul 2-0 di babak pertama lewat golnya di menit ke-38.

Di babak kedua, City makin menjadi-jadi. Empat gol digelontorkan lewat Kevin De Bruyne, Gabriel Jesus, dan dua gol tambahan Sterling.

Hasil ini mengantarkan City ke raihan Piala FA untuk keenam kalinya. Sebelumnya, mereka memenanginya pada musim 1903-04, 1933-34, 1955-56, 1968-69, dan 2010-11.

City pun menutup musim dengan treble setelah menjuarai Liga Inggris dan Piala Liga Inggris. Sebelum tiga gelar tersebut, City juga memenangi Community Shield sebelum musim bergulir.


Jalannya Pertandingan

City langsung menggedor pertahanan Watford. Dua tembakan dari luar kotak penalti dilepaskan pada menit pertama lewat Kyle Walker dan Aymeric Laporte di menit ketiga, namun masih belum mengarah ke gawang.

Watford membalas dengan memberi ancaman di menit ke-10. Tembakan Roberto Pereyra dari depan kotak penalti masih bisa diamanyak Edrson Moraes. City membalas semenit kemudian lewat tembakan Bernardo Silva, yang masih tepat mengarak kiper.

The Citizens memecah kebuntuan di menit ke-25. David Silva lepas dari posisi offside saat memenangi duel udara. Bola berhasil dikontrol dengan kakinya dan melepaskan tembakan dari jarak dekat. 1-0 City memimpin.

City tak memberi angin kepada Watford setelah mampu unggul 1-0. Tim besutan Pep Guardiola terus menekan.

Gol kedua pun lahir di menit ke-38. Umpan dari Bernardo Silva ke tiang jauh berhasil dilanjutkan dengan sontekan Gabriel Jesus. Bola meluncur ke gawang yang sudah kosong dan Sterling menyambarnya tepat di garis gawang.

Tak ada gol tambahan hingga laga tuntas. City menutup babak pertama dengan skor 2-0.

City berhasil melesakkan gol ketiga saat babak kedua baru berjalan tiga menit lewat Jesus, namun gol dianulir setelah lebih dulu dalam posisi offside.


Sebuah serangan balik dilancarkan City pada menit ke-61. Jesus berhasil mendekat ke kotak penalti dan menyodorkan bola kepada Kevin De Bruyne. Pria asal Belgia itu dengan mudah mengecoh Heurelho Gomes sebelum melepaskan tembakan. 3-0 City memimpin.

City belum berhenti mencetak gol. Kali ini gol keempat datang lewat kaki Jesus, yang melakukan kerja sama dengan De Bruyne.

Sterling kembali melesakkan gol di menit ke-81 untuk membawa City unggul 5-0. Umpan silang mendatar Bernanrdo Silva ke tiang jauh berhasil disambar Sterling yang lepas dari kawalan lawan.

City menutup laga ini dengan kemenangan 6-0. Sterling melesakkan hat-trick lewat golnya di menit ke-87. Tembakan Sterling sempat mengenai tiang sebelum kembali disambarnya.

Susunan Pemain:

Manchester City: Ederson; Kyle Walker, Vincent Kompany, Aymeric Laporte, Oleksandr Zinchenko; Bernardo Silva, Ilkay Gundogan, David Silva; Riyad Mahrez, Gabriel Jesus, Raheem Sterling.

Watford: Heurelho Gomes; Kiko Femenia, Adrian Mariappa, Craig Cathcart, Jose Holebas; Abdoulaye Doucoure, Etienne Capoue; Will Hughes, Roberto Pereyra; Troy Deeney, Gerard Deulofeu.


(ran/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com