sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 24 Mei 2019 09:30 WIB

Si Kalem Klopp yang Masih Bisa Meledak Sewaktu-waktu

Redzi Arya Pratama - detikSport
Juergen Klopp (Clive Brunskill/Getty Images) Juergen Klopp (Clive Brunskill/Getty Images)
Liverpool - Juergen Klopp mengklaim dirinya kini sudah jauh lebih tenang. Tapi demi para pemain dia tetap bisa meledak sewaktu-waktu.

Sejak masih melatih Borussia Dortmund, Klopp punya gaya yang khas. Dia luar biasa ekspresif di pinggir lapangan dengan beragam tingkah polah yang membuatnya berbeda dengan manajer manapun di seluruh dunia.

Kebiasaan tersebut dia bawa ke Liverpool. Sampai di beberapa kesempatan dia dianggap mengekspresikan secara berlebihan, termasuk saat bersorak kegirangan sampai masuk lapangan padahal pertandingan belum usai.



Tapi Klopp mengaku sudah lebih kalem kini. Kondisi yang sebenarnya terlihat saat Liverpool secara dramatis menang atas Barcelona di semifinal Liga Champions. Sudah dinantikan bagaimana Klopp berkespresi atas kemenangan fantastis itu, dia justru tak banyak bertengkah di Anfield kala itu.

"Ada dua alasan mengapa saya sangat bersemangat di pinggir lapangan. Pertama itu memang karakter saya. Sejujurnya, saya sudah jauh lebih kalem dari seharusnya," ujar Klopp dikutip Sportskeeda.

Beremangat di pinggir lapangan bukan secara luapan ekspresi Klopp. Sebagai pelatih Klopp juga harus menjaga semangat pemainnya. Apa yang dilakukan di lapangan adalah bagian dari itu.

"Saya juga semacam tangki cadangan untuk para pemain. Ketika merasa energi mereka menurun, saya akan tetap berada di sana dan bisa 'menendang' bokong mereka atau melakukan apapun yang dibutuhkan saat itu."

"Lebih baik marah kepada saya ketimbang berpikir 'hari ini terlalu intens'. Anda selalu membutuhkan seseorang untuk merespons, begitu yang saya pahami. Saya membutuhkan itu juga ketika masih menjadi pemain," lanjut Klopp.

"Saya pikir para pemain sekarang sudah terbiasa (dengan perubahan ini). Karena sekalipun saya memberikan kredit atau komplimen, respons mereka sama seperti saat saya meneriaki dengan sesuatu yang buruk. Itu masalah saya, dengan wajah seperti ini, tapi mereka sudah mengerti," ucap Klopp.


Kata Klopp Soal Gol Tipuan Tendangan Sudut Liverpool:

(din/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com