sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 15 Jul 2019 09:29 WIB

'Banyak Pemain Membangkang ke Klub karena Agen-Agen Cari Persenan'

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Paul Pogba dirumorkan bakal pindah dari Manchester United. (Foto: Oli SCARFF / AFP) Paul Pogba dirumorkan bakal pindah dari Manchester United. (Foto: Oli SCARFF / AFP)
Jakarta - Paul Pogba sempat dikhawatirkan akan mogok di tengah spekulasi masa depannya seperti sejumlah pemain. Situasi semacam ini dituding disebabkan oleh para agen.

Masa depan Pogba di Manchester United terus dispekulasikan. Real Madrid dan Juventus menjadi klub yang paling sering dikaitkan dengan gelandang asal Prancis tersebut.

Rumor menjadi sulit dikendalikan mengingat agen Pogba, Mino Raiola, menyebut bahwa kepindahan sang pemain sedang diurus. Ia juga menyatakan bahwa Pogba berkeinginan untuk pindah, meski tak menutup kemungkinan untuk opsi lain.




Mulanya ada kekhawatiran bahwa pemain yang terikat kontrak hingga 2021 itu bakal mangkir dari latihan. Tapi Pogba seperti diketahui sudah melapor ke klub dan ikut tur pramusim ke Australia, Singapura, dan China.

Sudah ada beberapa contoh sejumlah pemain mogok. Sebut saja Laurent Koscielny yang menolak ikut tur pramusim Arsenal, sementara Antoine Griezmann tak melapor ke Atletico Madrid untuk pramusim sebelum resmi gabung Barcelona.

Legenda MU Bryan Robson menilai para agen punya pengaruh besar dalam tindakan para pemain ini. Ia menyayangkan banyak pemain terlalu patuh dengan agen, padahal tak sedikit yang cuma menginginkan keuntungan dari transfer.




"Saya rasa para pemain terlalu jauh dipengaruhi oleh agen-agen mereka, alih-alih membuat keputusan mereka sendiri. Terkadang mungkin Anda menginginkan sejumlah saran terkait klub mana yang ingin Anda tujuh dan kapan mesti pindah, tapi pada akhirnya Anda adalah Anda, Anda bisa menunjuk ke jalan yang ingin Anda tempuh," ujar Robson dikutip Sky Sports.

"Dan saya merasa tak banyak pemain melakukan itu, mereka selalu menerima saran dari agen-agen. Agen-agen ingin para pemain pindah karena mendapatkan uang dari sana. Kalau pemain loyal ke klub dan bertahan di sana, agen tak mendapatkan banyak uang."

"Saya rasa itu punya pengaruh besar, tidak cuma di Manchester United tapi juga di keseluruhan permainan ini. Saya rasa para pemain terkadang harus melihat baik-baik diri mereka di cermin dan memutuskan apa yang mereka inginkan untuk karier mereka," tandasnya.




Dengan kontrak hanya tersisa dua musim, MU dalam posisi cukup sulit terkait Pogba. Jika tak bisa segera memperbarui kontraknya, pemain 26 tahun itu tahun depan bakal berada di semusim terakhir dalam kontraknya dan membuat harganya anjlok.

Simak Video "Mau Beli Pogba? Siapkan Rp 2,74 Triliun"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com