sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 15 Jul 2019 11:34 WIB

Bakal Jadi Bek Termahal Dunia, Maguire Lebih Baik dari Van Dijk?

Lucas Aditya - detikSport
Pemain Leicester City, Harry Maguire, yang diincar Manchester United. (Foto: Scott Heppell/Reuters) Pemain Leicester City, Harry Maguire, yang diincar Manchester United. (Foto: Scott Heppell/Reuters)
Jakarta - Manchester United dikabarkan akan menebus Harry Maguire dari Leicester City. Bek 26 tahun itu berpotensi menjadi bek termahal dunia, bagaimana jika dibandingkan Virgil Van Dijk?

The Red Devils membutuhkan tambahan di lini belakang. Setelah Aaron Wan-Bissaka, Maguire kini yang dibidik.

Maguire dikabarkan akan dibeli dengan nilai transfer 80 juta pound sterling, atau setara Rp 1,4 triliun. Kalau transfer itu terwujud, Maguire menggantikan Van Dijk menjadi pemain belakang termahal dunia. Harga jual Maguire lima juta pound sterling lebih mahal dibandingkan bek asal Belanda itu.

Lantas, bagaimana performa Maguire jika dibandingkan dengan Van Dijk? Berikut perbandingannya menurut data yang dilansir situs resmi Premier League.




Soal jumlah pertandingan pada musim lalu, Van Dijk lebih unggul dari Maguire. Di Liverpool, Van Dijk tak tergantikan dalam 38 pertandingan, sedangkan Maguire 31 kali membela Leicester.

Baik Van Dijk dan Maguire sama-sama jarang melakukan blunder. Dua-duanya cuma sekali melakukan kesalahan yang menjadi gol.

Van Dijk unggul jauh dalam hal menjaga gawang tim bersih dari catatan kebobolan. Dia membawa Liverpool cuma kebobolan 22 kali dan membukukan 20 clean sheet. Leicester kebobolan 18 kali lebih banyak saat Maguire bermain, dan cuma ada enam torehan clean sheet.

Ada dua statistik Maguire yang mengungguli Van Dijk. Maguire tak pernah membuat Leicester diganjar penalti, sementara Van Dijk sekali menjadi penyebab penalti.




Maguire juga dua kali menjadi pemain yang menjadi last man tackles. Sementara Van Dijk cuma sekali menjadi last man tackle.

Sementara dibandingkan dengan bek-bek Man United, cuma Victor Lindelof yang sejajar. Catatan clean sheet keduanya sama, enam kali.

Untuk urusan tekel sukses, Lindelof lebih unggul dari Maguire. Lindelof mencatatkan persentase tekel sukses 68 persen, sementara Maguire 55 persen.

Sama seperti Maguire, Lindelof juga tak pernah melakukan blunder yang membuahkan gol ke gawang tim sendiri pada musim lalu. Dengan komparasi-komparasi di atas pantaskah Maguire dihargai 80 juta pound?





Statistik Maguire vs Van Dijk


Bakal Jadi Bek Termahal Dunia, Maguire Lebih Baik dari Van Dijk?Foto: dok.Internet



Tonton juga video Van Dijk Sabet Gelar PFA Player of The Year:

[Gambas:Video 20detik]


Bakal Jadi Bek Termahal Dunia, Maguire Lebih Baik dari Van Dijk?
(cas/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com