ADVERTISEMENT

Man City Harus Belajar Tenang Kalau VAR Tak Berpihak

Randy Prasatya - Sepakbola
Sabtu, 10 Agu 2019 21:26 WIB
Manchester City menang 5-0 atas West Ham United. (Foto: Shaun Botterill/Getty Images)
London - Video assistant referee (VAR) banyak bekerja dalam laga West Ham United vs Manchester City. Salah satunya adalah menganulir gol Gabriel Jesus.

VAR untuk pertama kalinya dipakai di Liga Inggris pada musim 2019/2020. Kehadiran VAR sangat menonjol dalam kemenangan 5-0 City atas West Ham di London Stadium, Sabtu (10/8/2019) malam WIB.

Wasit Mike Dean sempat meninjau kartu merah lewat VAR untuk pemain West Ham saat melanggar Rodri di menit ke-32. VAR memutuskan tidak ada kartu merah yang layak dikeluarkan.

VAR juga menganulir gol ketiga City yang dicetak Jesus di menit ke-63. Raheem Sterling lebih dulu dalam posisi offside sebelum melepas umpan ke Jesus.


Sergio Aguero sampai harus mengulang eksekusi penaltinya di menit ke-85. Eksekusi pertama Aguero yang ditepis kiper Lukasz Fabianski dianulir VAR dan pada eksekusi kedua berhasil berbuah gol.

"Harus kuat secara mental ketika VAR tidak ada di pihak kami. Anda berpikir skor 3-0, tetapi nyatanya tetap 2-0, permainan benar-benar berbeda," kata manajer City, Pep Guardiola, seperti dikutip dari BBC.

"Anda harus tenang dan kuat, itu akan mengubah dinamika, tidak hanya untuk tim tetapi untuk penonton. Ini akan menjadi pelajaran yang baik untuk masa depan kita," Guardiola menegaskan.

City sempat merasakan pahitnya VAR di leg kedua perempatfinal Liga Champions musim lalu. Gol Sterling ke gawang Tottenham Hotspur di injury time dianulir setelah Aguero dinyatakan dalam posisi offside sebelum melepas umpan. Keputusan itu sekaligus membuat The Citizens terdepak.



Simak Video "Raheem Sterling Resmi Berseragam The Blues"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/fem)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT