sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 17 Agu 2019 23:02 WIB

Mane dan Firmino Menangkan Liverpool di Markas Southampton

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Liverpool tundukkan Southampton 2-1. (Foto: Catherine Ivill/Getty Images) Liverpool tundukkan Southampton 2-1. (Foto: Catherine Ivill/Getty Images)
Jakarta - Liverpool memenangi laga yang nyaris berujung antiklimaks di markas Southampton. Gol-gol Sadio Mane dan Roberto Firmino memastikan 'Si Merah' meraih tiga poin.

Duel Southampton vs Liverpool di St Mary's Stadium, Sabtu (17/8/2019) malam WIB berjalan menarik dan cukup alot. Liverpool tampil menjanjikan selepas kick-off, tapi kemudian perlahan-lahan tuan rumah merepotkan dengan pressing-nya.

Liverpool menutup babak pertama dalam posisi unggul tak lain berkat kecemerlangan Sadio Mane. Tusukan dan sepakan terukurnya di penghujung babak pertama memastikan Liverpool di atas angin.

Babak kedua dimulai Liverpool dengan lebih meyakinkan. Serangkaian peluang bagus diciptakan, hingga berujung gol Firmino pada menit ke-71. Tapi setelah itu kendali pertandingan lepas dari tangan mereka mendekati periode akhir pertandingan.

Ini tak terlepas dari blunder Adrian yang berujung gol Danny Ings. Ia terlalu lama bereaksi terhadap backpass, sehingga tendangannya pada akhirnya mengarah ke Ings dan disambar ke dalam gawang.

Ings nyaris saja menyamakan kedudukan tak lama berselang. Tapi beruntung bagi Liverpool, sepakan mantan penyerangnya dari jarak dekat melebar. 2-1 menjadi skor akhir.

Dengan kemenangan ini, Liverpool sementara memimpin klasemen Liga Inggris dengan enam poin dari dua laga. Anak-anak Merseyside unggul selisih gol atas Arsenal yang punya poin sama. Sementara Soton ada di urutan 18 setelah dua kekalahan beruntun.

[Gambas:Opta]

Jalannya Pertandingan

Liverpool menebar ancaman di menit ketiga dari tusukan James Milner. Hanya saja sepakannya membentur Maya Yoshida dan mudah diamankan Angus Gunn.

Alex Oxlade-Chamberlain merangsek dari kanan dua menit berselang, mengirimkan umpan silang yang mengarah ke Sadio Mane. Tapi James Ward-Prowse datang di momen tepat dan membuang bola.

Backpass Virgil van Dijk ke Adrian nyaris berbuah fatal pada menit ke-11. Adrian yang terlalu lambat bereaksi terhadap bola itu pada akhirnya membuat tendangannya diblok oleh Ward-Prowse. Beruntung baginya bola tak memantul masuk ke gawang.

Liverpool kembali menciptakan peluang di menit ke-13. Kali ini tembakan Chamberlain masih melebar ke kiri gawang, usai meneruskan umpan backheel Salah.

Sebuah situasi yang cukup mengancam dari Soton untuk Liverpool lima menit berselang. Sepakan Maya Yoshida melintas di tengah kotak penalti, tapi tak ada rekan yang membelokkan bola ke dalam gawang sementara Adrian terpaku.

Nyaris Soton! Dari sepak pojok pada menit ke-22, umpan lambung Ward-Prowse ditanduk Yoshida dari jarak dekat. Adrian menunjukkan refleks cemerlang untuk menepis bola.

Pressing Soton mulai semakin merepotkan tim tamu. Ryan Bertran menusuk dan mengirim umpan silang mendatar, ditujukan ke Che Adams. Adrian memotongnya lebih dulu sebelum disambar Adams.

Sebuah percobaan dari Salah pada menit ke-33 tak cukup membahayakan tuan rumah, kendati ruang tembaknya cukup baik. Tendangannya jauh dari gawang.

Peluang bagus diciptakan tuan rumah di ment ke-38. Oriol Romeu mengirim umpan silang terukur yang ditanduk Adams. Tapi bola masih meluncur ke atas gawang.

Meski terus tertekan menuju akhir babak pertama, Liverpool malah mampu memetik keunggulan. Mane menerima bola di kiri, lalu bergerak memotong ke tengah, dan melepaskan sepakan keras yang menghujam ke pojok kanan gawang.

Babak pertama berakhir, Liverpool memimpin 1-0.




Liverpool mendapatkan tendangan bebas di depan kotak penalti Soton tiga menit babak kedua berjalan. Salah mencoba melepaskan tendangan langsung, namun masih membentur pagar betis.

Sebuah tendangan mendatar dari James Milner, menyambar bola liar hasil korner pada menit ke-55, bergulir tipis saja ke kanan gawang Soton.

Ancaman lain dari Liverpool semenit berselang. Salah menerima umpan terobosan dari Mane dan lolos di sisi kanan. Sontekannya masih bisa dihalau oleh kiper.

Liverpool terus menekan tuan rumah. Kali ini peluang bagus didapatkan Roberto Firmino di menit ke-65, yang tembakannya menyambut umpan silang Mane melesat ke samping kanan gawang.

Dua menit kemudian, Soton merepons. Danny Ings mengirimkan tendangan melengkung dari luar kotak penalti yang meluncur sedikit di atas gawang Adrian.

Setelah serangkaian peluang, Liverpool benar-benar mencetak gol kedua di menit ke-70. Mane merebut bola dari bek Soton di sisi kiri, lalu mengopernya ke Firmino. Firmino bergerak ke tengah untuk membuka ruang dan tembakan mendatarnya tak kuasa dijangkau Gunn.

Liverpool tak mengendurkan tekanan. Dari tendangan bebas empat menit berselang, umpan lambung Alexander-Arnold ditanduk Mane yang lolos dari penjagaan. Gunn dengan sigap menepis bola.

Saat sedang nyaman mengontrol laga, sebuah kesalahan fatal dilakukan Adrian dan berujung gol untuk Soton pada menit ke-83. Terlalu lama bereaksi terhadap backpass, tendangannya malah mengarah ke Danny Ings dan disontek ke dalam gawang.

Tiga menit berselang, Soton nyaris menyamakan kedudukan. Umpan silang Yan Valery mengarah ke Ings yang berlari bebas di depan gawang. Tapi sepakannya melebar!

Momentum itu digunakan Soton untuk menekan tamunya di sisa waktu pertandingan. Tapi tak ada gol lain tercipta.




Susunan pemain:

Liverpool: Adrian, Alexander-Arnold, Matip, van Dijk, Robertson, Oxlade-Chamberlain (Henderson 89'), Wijnaldum, Milner (Fabinho 74'), Salah (Origi 79'), Firmino, Mane

Southampton: Gunn, Bednarek, Yoshida, Vestergaard, Valery, Ward-Prowse, Romeu (Ings 64'), Hojbjerg, Bertrand (Djenepo 77'), Adams (Armstrong 68'), Redmond

Simak Video "Liverpool Perkasa, Chelsea Merana"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com