sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Minggu, 25 Agu 2019 01:42 WIB

Bungkam Arsenal, Liverpool Mantap di Puncak Klasemen

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
Liverpool menang 3-1 atas Arsenal dalam lanjutan Liga Inggris (Foto: Carl Recine/Action Images via Reuters) Liverpool menang 3-1 atas Arsenal dalam lanjutan Liga Inggris (Foto: Carl Recine/Action Images via Reuters)
Liverpool - Liverpool memenangi duel melawan Arsenal dalam lanjutan Liga Inggris. Kemenangan atas The Gunners membuat Liverpool kukuh di puncak klasemen Liga Inggris.

Laga Liverpool vs Arsenal di pekan ketiga Liga Inggris dimainkan di Anfield, Sabtu (24/8/2019) malam WIB. Memegang kendali permainan, Liverpool menutup babak pertama dengan keunggulan 1-0 lewat gol Joel Matip.

Pada babak kedua, Liverpool menambah dua gol lewat Mohamed Salah. Arsenal memperkecil ketertinggalan lima menit jelang laga usai berkat gol Lucas Torreira.

Dengan kemenangan ini, Liverpool masih sempurna di Liga Inggris 2019/2020. The Reds mengumpulkan sembilan poin dari tiga pertandingan untuk memantapkan posisinya di puncak klasemen Liga Inggris. Sementara Arsenal ada di urutan kedua dengan enam poin.

[Gambas:Opta]


Jalannya Pertandingan


Liverpool langsung menekan sejak menit-menit awal. Tuan rumah menyerang lewat kecepatan Andy Robertson dan Trent Alexander-Arnold di kedua sisi sayap.

Robertson dari sisi kiri melakukan penetrasi sebelum melepaskan umpan ke kotak penalti. Namun bola tak terjangkau oleh Roberto Firmino.

Di tengah dominasi Liverpool, Arsenal justru dapat peluang untuk unggul lebih dulu pada menit ke-13. Adrian keluar dari sarangnya untuk menyapu bola yang justru jatuh ke kaki Pierre-Emerick Aubameyang.

Aubameyang langsung melepaskan tembakan lambung melewati Adrian. Namun bola tendangan Aubameyang melebar tipis dari gawang.

Meski memegang kendali permainan, Liverpool belum benar-benar mengancam gawang Arsenal. Justru Arsenal yang kembali dapat peluang.

Joe Willock mengoper bola kepada Nicolas Pepe yang kemudian melepaskan tembakan di muka kotak penalti. Sepakan Pepe tak cukup menyulitkan Adrian.

Dani Ceballos nyaris melakukan kesalahan yang berakibat fatal untuk Arsenal. Bola operannya di area pertahanan Arsenal jatuh ke kaki Sadio Mane yang ada di kotak penalti. Mane langsung melepaskan tembakan ke arah gawang, tapi bola masih bisa diantisipasi oleh Bernd Leno.

Pepe benar-benar jadi ancaman terbesar untuk gawang Liverpool. Rekrutan anyar Arsenal itu melakukan tusukan dari kanan dan melepaskan tembakan yang masih menyamping tipis dari gawang.

Peluang emas didapat Pepe pada menit ke-36. Dari serangan balik usai tendangan sudut Alexander-Arnold yang dihalau barisan pertahanan Arsenal, Pepe menggiring bola hingga mendekati kotak penalti.

Namun ia gagal menaklukkan Adrian saat berhadapan satu lawan satu. Tendangan Pepe dihalau oleh Adrian.

Liverpool kemudian justru unggul lebih dulu pada menit ke-41. Tendangan sudut Alexander-Arnold dituntaskan oleh Joel Matip dengan sundulan.

Skor 1-0 untuk Liverpool menutup laga babak pertama.


Petaka sudah menghampiri Arsenal saat laga babak kedua baru berjalan tiga menit. Mereka dihukum penalti setelah David Luiz menarik kaus Mohamed Salah di kotak terlarang.

Salah maju sebagai eksekutor. Penyerang asal Mesir itu sukses mengecoh Leno untuk menjebol gawang Arsenal dan menggandakan keunggulan Liverpool.

Arsenal dapat kesempatan untuk memperkecil ketertinggalan. Aubameyang lolos dari jebakan offside dan masuk ke kotak penalti. Namun Matip dengan cepat mencuri bola dari kaki Aubameyang.

Liverpool makin meninggalkan Arsenal pada menit ke-58. Dari sisi kanan, Salah melewati David Luiz dan menggiring bola hingga ke kotak penalti. Dengan tenang, Salah mengarahkan bola ke pojok kiri bawah gawang yang tak bisa dijangkau oleh Leno.

Kecepatan Salah kembali menjadi ancaman untuk pertahanan Arsenal. Membawa bola hingga ke kotak penalti, Salah kali ini mencoba untuk mengoper kepada Mane. Namun bola operan Salah diblok pemain belakang Arsenal.

Arsenal memperkecil ketertinggalan pada menit ke-85. Aubameyang yang membawa bola di kotak penalti mengoper kepada Lucas Torreira. Ia kemudian melepaskan tembakan dengan kaki kanan untuk menjebol gawang Liverpool.

Di masa injury time, Arsenal mendapat tendangan bebas di depan kotak penalti Liverpool. Namun tendangan David Luiz jauh melambung di atas mistar gawang. Tak lama kemudian, wasit meniup peluit tanda pertandingan berakhir.

Susunan Pemain

Liverpool: Adrian, Alexander-Arnold, Matip, Van Dijk, Robertson, Fabinho, Wijnaldum (Milner 69'), Henderson, Mane (Oxlade-Chamberlain 77'), Salah, Firmino (Lallana 86')

Arsenal: Leno, Maitland-Niles, Sokratis, Luiz, Monreal, Xhaka, Guendouzi (Mkhitaryan 86'), Willock (Lacazette 81'), Ceballos (Torreira 61'), Aubameyang, Pepe




Simak Video "Adu Tajam Trio Firmansah Vs Trio Aubameyang-Lacazette-Pepe"
[Gambas:Video 20detik]
(nds/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com