sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 26 Agu 2019 00:33 WIB

Tottenham vs Newcastle: Harry Kane dkk Tumbang

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Tottenham Hotspur kalah 0-1 dari Newcastle. (Foto: Catherine Ivill/Getty Images) Tottenham Hotspur kalah 0-1 dari Newcastle. (Foto: Catherine Ivill/Getty Images)
Jakarta - Tottenham Hotspur tak mampu mendapatkan poin saat menjamu Newcastle United di lanjutan Liga Inggris. Gol Joelinton memastikan Lilywhites tumbang 0-1.

Tottenham tampil dominan dalam penguasaan bola pada laga di Tottenham Hotspur Stadium, Minggu (25/8/2019). Whoscored mencatat tim besutan Mauricio Pochettino ini punya persentase penguasaan bola 80%.

Tapi dari penguasaan bola setinggi itu, Tottenham kesulitan menebar ancaman. Dari 17 tembakan yang dilepaskan, hanya dua yang on target. Sementara Newcastle punya 8 percobaan, dengan tiga di antaranya mengarah ke gawang.

Joelinton membawa tim tamu unggul di menit ke-27. Ini jadi satu-satunya gol yang jadi pembeda di pertandingan kali ini.

Dengan hasil ini, Tottenham tertahan di posisi tujuh dengan empat poin dari tiga pertandingan. Sementara Newcastle menghuni posiis 19 dengan tiga poin dari tiga laga.

[Gambas:Opta]

Jalannya Pertandingan

Tottenham langsung menguasai permainan selepas kick-off. Tapi rapinya pertahanan Newcastle membuat tuan rumah kesulitan memasuki kotak penalti.

Son Heung-min merangsek ke kotak penalti di menit ke-21 dan terjatuh di bawah tekanan pemain Newcastle. Tapi wasit tak melihatnya sebagai penalti dan tak ada perubahan keputusan.

Dua menit berselang, tim tamu mengancam. Sean Longstaff menerima bola dari Joelinton dan melepaskan sepakan yang masih bisa ditepis oleh Hugo Lloris.

GOL! Newcastle memetik keunggulan di menit ke-27. Joelinton menerima operan dari Christian Atsu dan dengan tenang mengirim bola mendatar ke dalam gawang, menaklukkan Lloris.

Peluang bagus didapatkan Tottenham di menit ke-33. Umpan silang Kyle Walker-Peters disambar Son dengan tendangan voli, namun bisa ditepis oleh Martin Dubravka.

Tujuh menit kemudian, Son kembali melakukan percobaan. Kali ini tendangannya melebar ke kiri gawang.

Newcastle merespons dari sepak pojok saat laga memasuki injury time. Tandukan Fabian Schar melesat ke atas gawang.

Tottenham membuang peluang bagus tak lama berselang. Harry Kane menusuk di kiri dan mengirim umpan lambung yang gagal disapu pertahanan Newcastle hingga disambar Lucas Moura. Bola cuma bergulir ke samping kanan gawang. Babak pertama berakhir.




Tottenham memulai babak kedua dengan lebih intens. Sepakan Son di menit ke-51 diblok dan bola mengarah ke Erik Lamela. Lamela mencoba melepaskan tembakan, juga terhalang.

Sundulan dari Moura lima menit kemudian masih ke atas gawang. Newcastle balas mengancam lewat Jamaal Lascelles, yang menanduk umpan sepak pojok Matt Ritchie. Masih menyamping saja.

Tim tamu kembali menciptakan peluang tak lama berselang. Namun upaya Joelinton masih terlalu mudah untuk Lloris.

Tendangan Moura di menit ke-65 melebar. Demikian juga dengan peluang Giovani Lo Celso pada menit ke-72.

Tottenham mengklaim penalti empat menit kemudian. Lascelles terpeleset dan jatuh saat menjaga Kane, hingga membuat penyerang Tottenham itu ikut terjerembap. Tapi wasit bergeming, tak ada perubahan keputusan dari VAR.

Tendangan Son di menit ke-77 diamankan Dubravka. Sementara peluang Moura dari dalam kotak penalti empat menit kemudian malah melambung.

Tottenham mencoba menyamakan kedudukan di sisa waktu, tapi usaha dari Son, Kane, Eriksen, dan Moura tak membuahkan hasil. Newcastle membawa pulang kemenangan berkat gol Joelinton.

Susunan pemain:

Tottenham: Lloris, Walker-Peters (Eriksen 62'), Alderweireld, Sanchez, Rose (Davies 88'), Winks, Sissoko, Son, Lamela (Lo Celso 62'), Moura, Kane

Newcastle: Dubravka, Schar, Lascelles (Fernandes 82'), Dummett, Krafth, Hayden, Saint-Maximin (Atsi 17'), Longstaff, Ritchie, Almiron, Joelinton (Muto 88')

Simak Video "Tottenham Tersungkur Padahal 80% Kuasai Pertandingan"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com