sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 26 Agu 2019 13:59 WIB

Spurs Tak Diberi Penalti karena VAR, Pochettino Legawa

Bayu Baskoro Febianto - detikSport
Manajer Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino, menerima keputusan tak diberi penalti saat takluk 0-1 dari Newcastle United. (Foto: Susana Vera/Reuters) Manajer Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino, menerima keputusan tak diberi penalti saat takluk 0-1 dari Newcastle United. (Foto: Susana Vera/Reuters)
London - Tottenham Hotspur tak diberi penalti oleh wasit saat takluk dari Newcastle United. Mauricio Pochettino menerima keputusan yang diambil via video assistant referee (VAR).

Pada lanjutan Liga Inggris di London Stadium, Minggu (25/8/2019), Tottenham dipaksa untuk mengakui keunggulan Newcastle 0-1. Gol kemenangan The Magpies dicetak oleh Joelinton di babak pertama.

The Lilywhites sebenarnya bisa mendapatkan penalti pada babak kedua. Striker Harry Kane terjatuh di kotak 16 meter, saat Jamaal Lascelles terlihat seperti menabraknya dari belakang di menit ke-76.

Wasit Mike Dean yang memimpin pertandingan tersebut tidak memberikan hadiah penalti kepada Tottenham. Keputusan itu diambil setelah melihat tayangan ulang dan pertimbangan dari VAR.

Alhasil, Hotspur kehilangan kesempatan untuk mencetak angka dari titik putih. Klub asal London Utara pun terpaksa gagal meraih poin di kandang sendiri.




Seusai pertandingan, manajer Tottenham, Pochettino, mengatakan jika ia tidak masalah dengan keputusan wasit tersebut. Ia yakin jika keputusan VAR adalah tepat.

"Saya mungkin bisa melihat kesempatan untuk melihatnya saat ini, tetapi saya percaya dan berkomitmen penuh dengan kehadiran VAR. Tentu sebelum bekerja dengan VAR saya selalu kritis, sebab saya tidak menyukai itu sebelumnya," ucap Pochettino dikutip dari Football London.

"Namun saat ini kita semua menyetujui VAR dan aturan-aturannya, kita juga harus menerima elemen-elemen yang akan membantu wasit dalam mengambil keputusan. Jika itu menguntungkan tim kami maka kita gembira, tetapi jika tidak kita tetap harus menghargainya," pelatih asal Argentina itu menambahkan.

Sebelumnya, Tottenham sudah pernah mendapat 'keuntungan' dengan hadirnya VAR di lapangan. Kala Hotspur bertemu Manchester City di liga minggu lalu, teknologi mutakhir itu membatalkan gol-gol di menit akhir City dan menghindarkan Spurs dari kekalahan.

VAR juga ikut andil 'mengantarkan' Lucas Moura dkk melaju ke semifinal Liga Champions musim lalu. The Lilywhites unggul jumlah gol tandang atas Manchester City, usai VAR membatalkan gol penentuan lolosnya The Citizen saat itu.






Simak Video "Tottenham Tersungkur Padahal 80% Kuasai Pertandingan"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com