sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 23 Sep 2019 00:46 WIB

Arsenal Vs Aston Villa: Dua Kali Tertinggal, The Gunners Menang 3-2

Adhi Indra Prasetya - detikSport
Arsenal berhasil mengalahkan Aston Villa 3-2 meski sempat tertingga dua kali (Foto: REUTERS/Hannah McKay) Arsenal berhasil mengalahkan Aston Villa 3-2 meski sempat tertingga dua kali (Foto: REUTERS/Hannah McKay)
London - Bermain dengan 10 pemain, Arsenal mampu bangkit dari ketertinggalan saat berjumpa Aston Villa di pekan ke-6 Liga Inggris. Meriam London menang 3-2.

Bertanding di Stadion Emirates, Minggu (22/9/2019), Arsenal tertinggal terlebih dahulu lewat gol John McGinn pada menit ke-20. Posisi The Gunners semakin tak menguntungkan setelah Ainsley Maitland-Niles mendapat kartu merah pada menit ke-41.

Bermain dengan 10 orang pemain, Arsenal justru mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-59 lewat penalti Nicolas Pepe. Namun satu menit berselang Aston Villa kembali unggul lewat Wesley Moraes.

Pada 10 menit terakhir laga, pasukan Unai Emery secara dramatis bangkit dengan mencetak dua gol melalui Calum Chamber dan Pierre-Emerick Aubameyang. Mereka menutup laga dengan kemenangan 3-2.

Hasil ini membuat Arsenal berada di peringkat keempat lewat torehan 11 poin dari enam laga. Sementara Aston Villa, masih berkutat di zona degradasi dengan berada di urutan ke-18 dengan baru mengumpulkan empat poin.



Jalannya Pertandingan

Arsenal langsung mendapat peluang di menit ke-2 lewat Ainsley Maitland-Niles, namun penyelesaian akhirnya masih jauh dari sasaran. Dua menit berselang, Aston Villa balas mengancam dari sepakan John McGinn, usahanya bisa diselamatkan Bernd Leno.

Setelahnya, Aston Villa tak mengendurkan serangan. Pada menit ke ke-11, Leno kembali menyelamatkan gawangnya dari sepakan McGinn. Semenit berselang, giliran tendangan Anwar El Ghazi yang dimentahkan Leno.

Di menit ke-19, Pierre-Emerick Aubameyang punya kesempatan mencetak gol. Namun tembakannya masih mampu ditangkap Heaton.

Konstan menyerang, Aston Villa berhasil unggul lebih dulu pada menit ke-20. Berawal dari umpan silang El Ghazi di sisi kiri, McGinn yang lolos dari penjagaan David Luiz berhasil menyontek bola menjadi gol untuk membawa Arsenal unggul 1-0.

Tertinggal, Arsenal mencoba membalas pada menit ke-23. Nicolas Pepe mengancam, tapi sepakannya terlalu mudah untuk ditangkap Heaton.

Bencana untuk Arsenal muncul di menit ke-41. Maitland-Niles mendapat kartu kuning kedua pada laga ini. Hal tersebut membuat Arsenal harus bermain dengan 10 orang di sisa laga.

Setelahnya, tak ada lagi peluang yang tercipta dari kedua tim. Babak pertama ditutup dengan skor 1-0 untuk keunggulan The Villans.

Babak kedua dimulai, Arsenal mengambil inisiatif serangan dengan memainkan bola dari kaki ke kaki, diselingi aksi individu untuk membuka celah pertahanan Aston Villa yang cukup rapat. Upaya ini membuahkan hasil di menit ke-58.

Berawal dari pelanggaran Bjorn Engels kepada Matteo Guendouzi yang melakukan penetrasi ke kotak penalti. Wasit memberikan hadiah tendangan 12 pas untuk Arsenal. Nicolas Pepe yang ditunjuk sebagai algojo dengan tenang berhasil menaklukkan Heaton untuk mengubah skor menjadi 1-1.

Namun tak perlu waktu lama untuk Aston Villa kembali unggul. Pada menit ke-60, Jack Grealish berhasil menembus pertahanan Arsenal yang lengah lewat sisi kiri sebelum melepaskan umpan tarik pada Wesley. Lewat satu sontekan, penyerang Brasil itu berhasil menaklukkan Leno.

Kembali tertinggal, Arsenal meningkatkan intensitas serangan. David Luiz bisa saja mencetak gol pada menit ke-66, jika tendangan bebasnya tak ditepis Heaton.

Tiga menit kemudian, Guendouzi melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Bola sepakannya masih membentur tiang gawang.

Rajin diserbu Arsenal, pertahanan kuat Aston Villa akhirnya rapuh di menit ke-81. Tusukan pemain pengganti Calum Chambers dari sisi kanan berhasil diakhiri dengan tembakan yang menjebol gawang Heaton.

Berhasil menyamakan kedudukan 2-2 membuat semangat Arsenal meningkat. Pada menit ke-84, The Gunners berhasil membalikkan keadaan. Lewat tendangan bebasnya, Aubameyang berhasil memperdaya Heaton untuk mengubah skor menjadi 3-2.

Aston Villa berusaha menyamakan kedudukan di sisa waktu yang ada. Namun pola serangan mereka yang mengandalkan umpan-umpan silang mudah digagalkan pertahanan Arsenal. Skor 3-2 untuk Arsenal tak berubah.

Susunan pemain

Arsenal: Bernd Leno; Ainsley Maitland-Niles, Sokratis Papastathopoulos, David Luiz, Sead Kolasinac; Matteo Guendouzi, Granit Xhaka (Joe Willock 72'), Nicolas Pepe, Dani Ceballos (Lucas Torreira 72'), Bukayo Saka (Calum Chambers 46'); Pierre-Emerick Aubameyang.

Aston Villa: Tom Heaton; Neil Taylor, Tyrone Mings, Bjorn Engels, Frederic Guilbert; Jack Grealish, Marvelous Nakamba (Conor Hourihane 86'), John McGinn; Anwar El Ghazi (Henri Lansbury 88'), Wesley Moraes, Mahmoud Trezeguet (Ahmed Elmohamady 69').



Simak Video "Comeback 10 Pemain Arsenal Sangat Fantastis!"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/pur)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com