sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 01 Okt 2019 07:55 WIB

Waktu Gol McTominay, Kok Xhaka Malah Nunduk?

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Debut Granit Xhaka sebagai kapten Arsenal dikritik (Catherine Ivill/Getty Images) Debut Granit Xhaka sebagai kapten Arsenal dikritik (Catherine Ivill/Getty Images)
FOKUS BERITA Man United Vs Arsenal
Manchester - Debut Granit Xhaka sebagai kapten permanen Arsenal dikritik. Pemain asal Swiss itu dianggap berandil untuk gol Manchester United yang dicetak Scott McTominay.

Setelah kepergian Laurent Koscielny, Petr Cech, dan Aaron Ramsey, ban kapten Arsenal sempat berpindah-pindah di awal musim ini. Manajer Unai Emery akhirnya memastikan Xhaka sebagai kapten baru The Gunners lewat voting.

Keputusan itu bukannya tanpa pertentangan khususnya dari fans mengingat performa Xhaka kerap inkonsisten. Hal itu terbukti pada laga pertamanya sebagai kapten Arsenal di Old Trafford, Selasa (1/10/2019) dini hari WIB tadi.






Arsenal tertinggal 0-1 dari MU di babak pertama usai McTominay menciptakan gol dari luar kotak penalti yang menjebol jala Bernd Leno. Xhaka dianggap berperan penting dalam lahirnya gol ini.

Ketika McTominay hendak menembak, Xhaka yang berada di depannya malah menunduk dan bola meluncur deras di atas kepalanya, sebelum masuk ke gawang. Aksi Xhaka ini lantas jadi pembicaraan di media sosial.



[Gambas:Instagram]




Xhaka dinilai harusnya menghalangi bola itu dengan wajahnya agar gol itu tidak tercipta. Beruntun Arsenal bisa menyamakan skor 1-1 di menit ke-56 lewat gol Pierre-Emercik Aubameyang.






Usai laga, Emery membela Xhaka atas gol pertama MU tersebut. Sebab dalam tayangan ulang, bola sempat membentur pemain lain dan berbelok arah saat hendak dihalau Xhaka.

Menurut Whoscored, Xhaka cuma memenangi satu duel udara dan satu tekel sukses selama 90 menit di lapangan. Dia melepaskan 42 umpan dengan tingkat akurasi 81 persen.

"Dia bermain dengan komitmen penuh," ujar Emery di Sportskeeda.

"Dia berlari ke lini belakang, mungkin yang pertama di laga ini. Saya tidak melihat aksinya itu (menunduk)," sambungnya terkait Xhaka yang menghindari tembakan McTominay.

"Saya melihatnya ketika berlari kembali membantu pertahanan dan dia melakukannya dengan sangat baik."




Simak Video "Karena Hati Ramsey Teruntuk Arsenal"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/raw)
FOKUS BERITA Man United Vs Arsenal
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com