sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 14 Okt 2019 21:03 WIB

Liverpool Sip Bersama Klopp, Prediksi Sir Alex yang Jadi Kenyataan

Adhi Prasetya - detikSport
Kesuksesan Juergen Klopp bersama Liverpool sudah diprediksi oleh Sir Alex Ferguson. Foto: Carl Recine/Action Images via Reuters Kesuksesan Juergen Klopp bersama Liverpool sudah diprediksi oleh Sir Alex Ferguson. Foto: Carl Recine/Action Images via Reuters
Jakarta -

Liverpool difavoritkan menjuarai Liga Inggris musim ini. Kekhawatiran eks Manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson, yang menjadi kenyataan.

Bersama Juergen Klopp, The Reds menunjukkan laju meyakinkan. Di musim pertama, pada 2016, manajer asal Jerman yang direkrut Si Merah pada Oktober 2015 itu membawa Liverpool finis di peringkat kedelapan klasemen akhir Liga Inggris. Tiga tahun berselang, ia membuat Sadio Mane dkk finis urutan keempat dua kali dan nyaris menjadi juara liga Inggris musim lalu.

Jika di liga nyaris juara, Klopp malah bisa membawa Liverpool menjadi juara
Liga Champions di musim 2018/19. Laju meyakinkan The Reds musim ini, dengan selalu menang dalam delapan pekan pertama di liga, membuat Liverpool menjadi favorit juara.

Sebaliknya, Manchester United terseok-seok sejak ditinggal Sir Alex Ferguson. Pergantian pelatih tak cukup membawa Setan Merah kembali ke jalur yang benar.

Musim ini, MU bahkan terlempar dari peringkat sepuluh besar papan klasemen Premier League. Mu mendiami peringkat ke-12 dengan hanya berjarak dua poin dari zona degradasi. (Klasemen Liga Inggris selengkapnya bisa disimak di detikcom)

Laju berbeda Liverpool dan MU itu sempat diramal oleh Sir Alex. Pria asal Skotlandia itu sudah mengungkapkan kekhawatirannya tak lama setelah Klopp menangani Liverpool.




"Dia (Klopp) melakukan pekerjaannya dengan baik dan mampu membangkitkan kembali antusiasme Liverpool," ujar Ferguson tentang Klopp tiga tahun silam.

"Kehilangan gairah seperti itu bisa terjadi pada klub besar. Selama dua dekade, Liverpool selalu berganti manajer tanpa pernah membangun identitas klub," dia menambahkan.

Saat itu, Ferguson bahkan sudah mewaspadai Liverpool asuhan Klopp sudah bisa berbicara banyak di persepakbolaan Inggris, meski nyatanya hal itu baru terjadi dua musim belakangan.

"Sekarang kamu bisa merasakan bahwa kamu harus memperhitungkan mereka musim ini. Kamu bisa melihat dedikasi Klopp di pinggir lapangan. Saya yakin hal yang sama juga berlaku saat latihan," ujar Ferguson.

"Dia memiliki kepribadian yang kuat. Itu sangat penting di dalam klub besar. Saya khawatir tentang keberadaannya karena MU tentu tak mau berada di bawah Liverpool," kata dia.

Persaingan MU dan Liverpool akan kian nyata dalam duel di Old Trafford pada Minggu (20/10). Apakah MU akan setidaknya menunjukkan bisa mengalahkan Liverpool agar prediksi Sir Alex tak benar-benar menjadi kenyataan atau justru sebaliknya, ramalan Sir Alex menjadi sebuah fakta.




Simak Video "Liverpool Keok di Pramusim, Klopp Ngaku Kurang Pemain"
[Gambas:Video 20detik]
(adp/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com