sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 18 Okt 2019 17:50 WIB

Beda Bos MU dan Liverpool: Satu Ambil Gaji, yang Lainnya Tidak

Adhi Prasetya - detikSport
Keluarga Glazer sudah menjadi pemilik Manchester United sejak 2005. Foto: Istimewa Keluarga Glazer sudah menjadi pemilik Manchester United sejak 2005. Foto: Istimewa
Jakarta -

Manchester United dan Liverpool berbanding terbalik soal posisi di klasemen. Rupanya, hal ini juga berlaku dalam sikap direktur mereka dalam urusan gaji.

'Setan Merah' akan menjamu skuat asuhan Juergen Klopp dalam lanjutan Liga Inggris di Old Trafford, Minggu (20/10/2019). Kedua tim diketahui sedang berada dalam kondisi yang berbeda 180 derajat. Liverpool sedang nyaman duduk di puncak klasemen dengan total 24 poin dan belum terkalahkan. Sementara MU ada di posisi ke-12 dan baru mengumpulkan 9 poin.

Kondisi yang kontras ini rupanya tak hanya terjadi di lapangan hijau. Di balik layar, cara kedua klub dijalankan pun juga berbeda.

Sejak Liverpool dimiliki John Henry melalui Fenway Sports Group (FSG) pada 2010, The Reds mulai melangkah maju. Keuangan mereka perlahan terkelola dengan baik. Mereka tak lagi membeli pemain mahal yang gagal memberikan dampak signifikan, seperti halnya Andy Caroll dahulu.


Puncaknya, pada Februari 2019 lalu, BBC menyebut bahwa Liverpool mendapat laba bersih tahunan sebesar 106 juta pound sterling (Rp 1,9 triliun) untuk musim 2017/18, yang merupakan rekor tersendiri. Ini tak lepas dari prestasi mereka di lapangan, di mana mereka mendapat hadiah uang yang besar di Liga Champions karena menembus final.

Singkat kata, tujuan membangun kesuksesan di lapangan memberikan dampak yang positif pula bagi The Reds di sektor finansial.

Selain itu, selama hampir sedekade mengelola Liverpool, FSG hanya pernah mengambil 10 juta Pounds dari klub,yang mana merupakan pengembalian dari peminjaman 110 juta Pound yang digunakan untuk pembangunan tribun Anfield. John dan rekan investornya, Tom Werner dan Mike Gordon, bahkan tidak pernah mengambil gaji mereka.



Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Chevrolet Pikir-pikir Tak Sponsori MU Gegara Performa Menurun"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com