sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 21 Okt 2019 14:21 WIB

Eksperimen Tiga Bek Solskjaer yang Redam Liverpool

Putra Rusdi K - detikSport
Formasi tiga bek yang dikembangkan Ole Gunnar Solskjaer mampu meredam Liverpool (Foto: Catherine Ivill/Getty Images) Formasi tiga bek yang dikembangkan Ole Gunnar Solskjaer mampu meredam Liverpool (Foto: Catherine Ivill/Getty Images)
Manchester - Eksperimen tiga bek Ole Gunnar Solskjaer berjalan baik saat Manchester United berjumpa Liverpool. Taktik itu berhasil menghentikan laju kemenangan The Reds.

Solskjaer menerapkan taktik yang tak biasa saat MU bermain imbang Liverpool di Old Trafford, Minggu (20/10/2019). Ia memainkan tiga bek dalam formasi 3-4-1-2.

Manajer asal Norwegia ini menurunkan Victor Lindelof, Harry Maguire serta Marcos Rojo sebagai trio bek tengah. Ini merupakan kali pertama MU menerapkan formasi tersebut sejak ditangani oleh Solskjaer.

Eksperimen Solskjaer tersebut terbilang berhasil karena MU mampu meredam Liverpool yang tampil dominan. Selain itu, serangan balik Setan Merah juga lebih berbahaya karena wing back mereka Ashley Young dan Aaron Wan-Bissaka leluasa membantu serangan.



Hasilnya MU mampu unggul lebih dahulu melalui Marcus Rashford. Namun lima menit jelang laga berakhir trio bek mereka lengah sehingga Adam Lallana berhasil mencetak gol penyama kedudukan.

Solskjaer mengakui bahwa keputusannya memainkan tiga bek di laga kontra Liverpool sebenarnya cukup berisiko. Namun ia harus melakukan hal tersebut untuk bisa menekan pasukan Juergen Klopp.

"Kami masih bisa berkembang dengan taktik ini karena kami memiliki pemain yang bisa bermain dengan tiga pemain belakang. Ini memungkinkan kami bermain lebih melebar dari pada sebelumnya," kata Solskjaer dikutip dari situs resmi MU.

"Tentu saja ini sangat berisiko. Anda bermain dengan tiga bek menghadapi trio lini depan (Liverpool) mereka yang merupakan salah satu yang terbaik. Namun risiko ini harus kami ambil."

"Kami melakukannya agar bisa menciptakan peluang bagi diri kami sendiri. Saya menilai gol (Rashford) adalah contoh sempurna tentang bagaimana permainan yang kami usung berjalan dengan baik," tambah Solskjaer.






Simak Video "MU Incar 'Baby Mourinho' Gantikan Solskjaer?"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com