sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 11 Nov 2019 10:50 WIB

Liverpool Gebuk Manchester City, Ini 12 Data dan Faktanya

Yanu Arifin - detikSport
Foto: Laurence Griffiths/Getty Images
FOKUS BERITA Liverpool vs Man City
Jakarta - Liverpool menggebuk Manchester City pada pekan ke-12 Liga Inggris 2019/2020. Ada sederet data dan fakta menarik usai laga menarik tersebut.

Liverpool menang 3-1 atas City di Stadion Anfield, Minggu (10/11/2019). Si Merah mencetak gol lewat Fabinho, Mohamed Salah, dan Sadio Mane, sebelum cuma dibalas oleh Bernardo Silva.




Kemenangan itu membuat Liverpool kian perkasa di klasemen Liga Inggris dengan raihan 34 poin, sementara City turun ke posisi empat dengan 25 poin. Pasukan Pep Guardiola tersalip Leicester City dan Chelsea, yang naik ke posisi dua dan tiga dengan sama-sama meraih 26 poin dari 12 laga.

Selain fakta Liverpool terus melaju dalam perburuan gelar juara, ada data dan catatan lainnya dari laga melawan City. Opta mencatat, ada 12 data dan fakta menarik yang lahir dari laga di Anfield malam tadi.




Berikut data dan fakta usai laga Liverpool vs Manchester City

- Liverpool sudah menang 11 dari 12 pertandingan Liga Inggris musim ini, dan memimpin klasemen dengan keunggulan 8 poin. Hanya Manchester United yang punya selisih lebih besar setelah 12 laga, yakni 9 poin pada musim 1993/1994.

- Manajer Manchester City Pep Guardiola sudha kalah delapan kali di semua ajang saat menghadapi manajer Liverpool Juergen Klopp. Jumlah itu tiga kali lebih banyak dari pelatih lain yang dihadapi Guardiola.

- Untuk kali kedua Manchester City kebobolan tiga gol dalam pertandingan Liga Inggris. Musim lalu, The Citizen juga mengalami kondisi serupa.

- Liverpool tak terkalahkan di 17 pertandingan kandang Premier League melawan Manchester City, sejak terakhir kali menelan kekalahan 1-2 pada 2003.

- Mohamed Salah sudah terlibat dalam 69 gol dari 60 penampilan di Anfield pada semua kompetisi (51 gol 18 assist), mencetak tiga dari empat penampilan kandang melawan City.

- Pep Guardiola sudah menelan empat kekalahan di Anfield melawan Liverpool, lebih banyak dari tempat manapun di semua kompetisi.

- Gol Fabinho adalah gol ke-9 yang dicetak Liverpool dari luar kotak penalti musim ini, terbanyak dari tim manapun.

- Sejak Agustus 2018, Sadio Mane sudah mencetak 22 gol untuk Liverpool di Anfield, terbanyak ketimbang pemain mana pun dalam satu tempat di rentang waktu yang sama.

- Manchester City kebobolan dua gol dalam 15 menit pembuka pertandingan Liga Inggris untuk pertama kalinya sejak 2016. Terakhir City merasakannya ketika menghadapi Leicester City.




- Sejak awal musim lalu, hanya full back Bournemouth Ryan Fraser (16) yang membuat assist lebih banyak ketimbang full-back Liverpool Andrew Robertson (15).

- City cuma meraih 12 poin dari 12 laga Premier League. Raihan itu menjadi yang terendah dicapai tim yang dilatih Pep Guardiola. Pertama kalinya juga tim yang dilatih Pep tertinggal lebih dari tiga poin di 12 laga perdana (kini terpaut 9 angka).

- Ini laga ke-9 Sergio Aguero melawan Liverpool di Anfield pada semua kompetisi. Dia tak pernah mencetak gol di markas The Reds, dengan cuma menebar ancaman 14 kali tanpa ada yang sukses.

Simak Video "Liverpool Bisa 'Pesta Juara' Nanti Malam Andai City Tak Menang"
[Gambas:Video 20detik]
(yna/cas)
FOKUS BERITA Liverpool vs Man City
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com