sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 11 Nov 2019 22:53 WIB

Jalan Masih Panjang, Fans Liverpool Menahan Diri

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Liverpool menang 3-1 atas Manchester City dan kukuh di puncak klasemen Liga Inggris. (Foto: Laurence Griffiths / Getty Images) Liverpool menang 3-1 atas Manchester City dan kukuh di puncak klasemen Liga Inggris. (Foto: Laurence Griffiths / Getty Images)
FOKUS BERITA Liverpool vs Man City
Jakarta - Liverpool memperbesar kans menjuarai Liga Inggris dengan kemenangan atas Manchester City. Peter Crouch mengaku kemenangan itu tak lantas bikin fans besar kepala.

Liverpool menang 3-1 saat menjamu City di Anfield, Minggu (10/11/2019) kemarin di laga pekan ke-12 Liga Inggris. Hasil itu mengukuhkan 'Si Merah' di puncak klasemen dengan 34 poin.

Anak-anak asuh Juergen Klopp unggul delapan poin dari Leicester City dan Chelsea di posisi 2-3, serta sembilan poin dari City di urutan empat. Keunggulan atas City itu yang diyakini bakal krusial dalam perburuan titel.


Dengan konsistensi yang ditunjukkan Liverpool musim ini --11 menang, 1 imbang di 12 laga-- diperkirakan sulit buat City mengejar. Musim lalu saja Liverpool cuma kalah sekali sepanjang tahun, meski banyak berimbang (7 berbanding 2 milik City).

Tapi di tahun itu, Liverpool gagal meraih kemenangan dalam dua pertemuan kontra City: berimbang di Anfield dan kalah di Etihad. Hasil ini yang dianggap jadi titik penentuan persaingan, di mana akhirnya City juara unggul satu poin atas Liverpool.

Apapun hasil akhir pekan lalu, fans Liverpool sadar perjalanan masih panjang dan tak perlu buru-buru menyombongkan diri. Pengalaman pahit musim 2013/2014 ketika disalip City di tiga pekan terakhir menjadi pelajaran penting.


"Saya menerima banyak pesan dari keluarga dan teman-teman saat peluit akhir laga Minggu kemarin berbunyi, bilang kalau mereka sangat bersuka ria dan itu adalah kemenangan yang sangat masif. Tapi, bicara soal titel, semua fans Liverpool yang saya tahu mencoba meredam perasaan semampu mungkin," ungkap Crouch, yang memperkuat Liverpool pada 2005-2008.

"Saya sepenuhnya paham penyebabnya. Saya ada di Anfield untuk laga mendekati akhir musim 2013/2014, ketika mereka mengalahkan Manchester City 3-2, yang berarti titel ada dalam kendali mereka dengan empat laga tersisa."

"Begitu riuh di sana, semua penjuru kota yang Anda kunjungi situasinya sama, sangat heboh, orang-orang bilang bahwa mereka akan juara. Lalu terjadilah insiden terpelesetnya Steven Gerrard di laga kandang berikutnya, dan akhirnya titel terlepas."


"Banyak orang terluka dari kejadian itu dan itu sudah bikin mereka berpikir 'kami tak akan melakukan kesalahan serupa'. Itu masih benar terjadi sekarang, bahkan usai mengalahkan City."

"Saya tahu banyak sekali fans Liverpool dan mereka semua mengatakan hal yang sama 'Ini belum berakhir'. Tak satupun dari mereka berbicara soal memenangi liga, mereka bilang perjalanan masih panjang," imbuh mantan penyerang tim nasional Inggris ini seperti dikutip BBC.

Simak Video "Melihat Gol-gol Keren Liverpool yang Tumbangkan City di Markas Anfield"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/nds)
FOKUS BERITA Liverpool vs Man City
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com