sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 05 Des 2019 10:10 WIB

Kapan Clean Sheet Lagi, Liverpool?

Bayu Baskoro - detikSport
Gawang Liverpool baru nirbobol dua kali sepanjang Liga Inggris musim ini (Clive Brunskill/Getty Images)
Liverpool - Liverpool kebobolan dua gol saat melakoni Derby Merseyside melawan Everton. The Reds tak lagi mencatatkan clean sheet sejak bulan September.

Skuat asuhan Juergen Klopp itu menang 5-2 atas Everton pada pekan ke-15 Liga Inggris di Anfield, Kamis (5/12/2019). Kemenangan itu membuat posisi Liverpool semakin kukuh di puncak klasemen dengan 43 poin.

Meski Sadio Mane dkk. berhasil menang atas rival sekotanya itu, namun Klopp tetap kurang puas dengan permainan anak asuhnya itu. Terutama kinerja barisan pertahanan Liverpool yang sampai bisa kebobolan dua gol di babak pertama.






"Dari waktu ke waktu kami agak keropos dalam bertahan, karena mereka benar-benar langsung bergerak saat situasi-situasi bola kedua. Ketika ada kesempatan tersebut, mereka cukup bagus dalam membangun serangan," kata Klopp dikutip dari Metro.

"Semuanya cukup baik sampai kedudukan 4-1, tetapi ketika skor 4-2 saya tidak terlalu menyukainya karena tambahan waktu sekitar tiga menit. Masih ada dua menit dan kami malah bermain umpan ofensif, itu tak masuk akal," tambahnya.

Kinerja lini pertahanan Liverpool musim ini memang tengah menjadi sorotan karena gawang The Reds sudah kebobolan 14 kali.






Klub asal Merseyside itu hanya mencatatkan dua kali clean sheet sejak liga bergulir Agustus lalu. Terakhir kali gawang Liverpool tak kebobolan adalah saat mereka menang 1-0 atas Sheffield United pada 28 September. Bahkan Alisson Becker, peraih Golden Glove musim lalu, belum sekalipun nirbobol.

Sisanya selama periode Oktober hingga awal Desember ini, gawang Liverpool selalu berhasil dibobol lawan. Total sembilan bola sudah dipungut dari jala The Reds sepanjang kurun waktu tersebut.

Hal ini jelas berbanding terbalik dengan performa lini belakang mereka musim lalu. Saat itu barisan pertahanan Liverpool sangat solid, hanya kebobolan delapan kali hingga paruh musim 2018/2019, dan cuman mencatatkan total 22 kali kemasukan sampai kompetisi berakhir.




Simak Video "Rekor Sempurna Klopp di Laga Boxing Day"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com