sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 06 Des 2019 05:15 WIB

Arsenal Dipermalukan Brighton di Emirates

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
Arsenal dikalahkan Brighton & Hove Albion 1-2 di lanjutan Liga Inggris (Foto: AP Photo/Frank Augstein)
London - Puasa kemenangan Arsenal berlanjut. Menjamu Brighton & Hove Albion dalam lanjutan Liga Inggris, Arsenal kalah dengan skor 1-2.

Dalam pertandingan di Emirates Stadium, Jumat (6/12/2019) dini hari WIB, Arsenal tertinggal 0-1 di babak pertama. Gol Adam Webster di menit ke-36 memberi keunggulan untuk Brighton.

Di awal babak kedua, Arsenal menyamakan skor lewat sundulan Alexandre Lacazette. Namun Arsenal akhirnya harus kalah setelah Neal Maupay menjebol gawang Bernd Leno di menit ke-80.

Itu berarti Arsenal sudah melewati tujuh pertandingan terakhir di Liga Inggris tanpa kemenangan. Dalam tujuh laga itu, Pierre-Emerick Aubameyang dkk kalah tiga kali dan imbang empat kali.

Posisi Arsenal di klasemen Liga Inggris pun kian melorot. The Gunners turun dua tingkat ke posisi ke-10 dengan 19 poin dari 15 laga. Sementara Brighton ada di urutan ke-13 dengan 18 poin.

[Gambas:Opta]

Jalannya Pertandingan

Arsenal memulai laga dengan baik. Tuan rumah menguasai jalannya pertandingan di menit-menit awal.

Namun Brighton perlahan keluar dari tekanan. Serangan yang dilancarkan tim tamu merepotkan barisan belakang Arsenal.

Brighton mendapat tendangan bebas tepat di depan kotak penalti Arsenal menyusul pelanggaran Bellerin kepada Connolly. Tapi tembakan Gross hanya membentur pagar betis.

Peluang didapat Brighton pada menit ke-25. Maupay melepaskan tembakan dari sudut sempit namun melebar. Connolly yang berada di depan gawang juga tak bisa menjangkau bola.

Tembakan Pierre-Emerick Aubameyang usai menerima bola dari Lacazette tak menghasilkan gol. Sepakannya melebar dari gawang Brighton.

Peluang untuk Brighton. Dari tendangan bebas yang dieksekusi dengan cepat di tengah lapangan, Maupay menggiring bola hingga mendekati kotak penalti dan kemudian melepaskan tembakan. Namun Leno masih sigap menepis bola.

Brighton akhirnya membuka keunggulan pada menit ke-36. Berawal dari sepak pojok, bola diarahkan Burn kepada Connolly, yang kemudian tak bisa mengontrol bola. Bola liar langsung disambar oleh Adam Webster untuk menjebol gawang Arsenal.

ARsenal berpeluang menyamakan kedudukan empat menit kemudian. Aubameyang yang ada di sisi kanan melepaskan umpan silang ke kotak penalti. Joe Willock meneruskan dengan sundulan, tapi bola diblok Mat Ryan dengan kakinya.

Skor 1-0 untuk keunggulan Brighton bertahan hingga turun minum.


Memasuki babak kedua, Arsenal langsung mengambil inisiatif menyerang. Laga berjalan lima menit, mereka sukses menyarangkan gol penyeimbang.

Tendangan sudut Mesut Oezil dibelokkan oleh Lacazette dengan sundulan dan bola yang mengarah ke tiang jauh masuk ke gawang. VAR sempat mengecek adanya kemungkinan offside. Namun gol dinyatakan sah.

Arsenal terus melancarkan tekanan. Kolasinac melepaskan umpan ke kotak penalti, tapi Aubameyang tak mampu menjangkau bola.

Arsenal sempat mencetak gol setelah David Luiz menjebol gawang Brighton. Namun gol kemudian dianulir karena Luiz dan beberapa pemain Arsenal ada dalam posisi offside saat tendangan bebas dilakukan.

Peluang untuk Arsenal. Lacazette bergerak di sisi kanan dan mengoper bola kepada Oezil yang langsung melepaskan tembakan. Bola sepakan Oezil melebar dari gawang.

Arsenal kemudian justru kembali kebobolan pada menit ke-80. Mooy melepaskan umpan silang dari sisi kiri yang diteruskan dengan sundulan oleh Neal Maupay.

Peluang Arsenal untuk mencetak gol balasan digagalkan Ryan. Umpan Kieran Tierney dari sisi kiri ditanduk Gabriel Martinell yang mengarahkan bola ke tiang jauh. Ryan menepis bola sambil menjatuhkan diri.

Brighton nyaris bikin gol ketiga di injury time. Torssard menguasai bola di kotak penalti dan mengecoh beberapa pemain belakang Arsenal. Namun tembakannya justru melambung di atas mistar gawang.

Susunan Pemain

Arsenal: Leno, Bellerin, Papastathopoulos, Luiz, Kolasinac (Tierney 72'), Xhaka, Torreira, Aubameyang, Willock (Pepe 46'), Ozil, Lacazette (Martinelli 77')

Brighton & Hove Albion: Ryan, Webster, Dunk, Stephens, Alzate (Duffy 88'), Propper, Mooy, Burn, Gross (Trossard 80'), Maupay, Connolly (Montoya 76')



Simak Video "Mampukah Liverpool Samai Rekor Invincible Arsenal?"
[Gambas:Video 20detik]
(nds/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com