sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 06 Des 2019 14:31 WIB

Virgil Van Dijk, Bapaknya Bek-bek Liverpool

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Virgil van Dijk disebut bapaknya bek-bek Liverpool. (Foto: Carl Recine/Reuters) Virgil van Dijk disebut bapaknya bek-bek Liverpool. (Foto: Carl Recine/Reuters)
Jakarta - Pertahanan Liverpool begitu tangguh sejak kedatangan Virgil van Dijk. Jamie Carragher menyebut Van Dijk seperti bapaknya pertahanan Liverpool.

Liverpool sejak musim lalu begitu sulit ditembus. Pada musim lalu ketika mereka jadi runner-up Liga Inggris, 'Si Merah' cuma kebobolan 22 kali dan jadi tim dengan pertahanan terbaik.

Musim ini kekukuhan itu mampu dijaga, setidaknya sampai pekan ke-15. Anak-anak asuh Juergen Klopp baru kemasukan 14 gol dan hanya kalah dari Leicester City (9 gol).


Carragher menyebut sejak Van Dijk datang pada Januari 2018 lalu, bek Belanda itu sudah langsung memberikan pengaruh kuat ke pemain-pemain lain. Ia mencontohkan bagaimana Van Dijk membuat Dejan Lovren menjadi tampak jauh lebih baik.

Van Dijk dipujinya bisa memimpin dan memastikan bek-bek di sekelilingnya tampil di titik terbaik, seperti Tony Adams dengan Lee Dixon, Nigel Winterburn, dan Steve Bould di Arsenal.

"(Dejan) Lovren itu aneh, karena Anda bisa melihat dia selama 90 menit dan dia tampak seperti salah satu bek top di dunia, seperti yang dia katakan sendiri. Tapi kemudian tiba-tiba dia melakukan sesuatu yang bikin Anda 'Aduh, Dejan, tidak...'," kata Carragher dilansir Liverpool Echo.


"Yang hebat dari Virgil van Dijk dan setiap bek hebat lainnya di era Premier League, mereka membuat bek-bek lainnya tampak bagus. Seseorang seperti Tony Adams (Arsenal), dengan lini empat beknya yang terkenal itu."

"Kalau Anda lihat baik-baik mereka sebagai individu-individu, Anda tak akan bilang kalau mereka pemain hebat. Untuk jadi lini pertahanan seterkenal itu, sebagian besar ya karena Adams hadir di sana dan membuat orang lain bermain lebih baik."

"Itu hampir seperti anak-anak dengan bapaknya, dan para bapak memastikan semuanya berjalan baik. Saya rasa Van Dijk punya efek itu. Dialah sang bapak," imbuhnya.



Simak Video "Kata Van Dijk Mengapa Liverpool Sulit Dibobol"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com