sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 16 Des 2019 01:30 WIB

De Bruyne Cemerlang, City Hantam Arsenal 3-0

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Kevin De Bruyne dua gol, Man City bantai Arsenal 3-0 di Emirates Stadium (Ian Walton/AP Photo)
London - Manchester City menghantam Arsenal tiga gol tanpa balas. Bintang kemenangan The Citizens adalah Kevin De Bruyne yang bikin dua gol dan satu assist.

Pada laga Liga Inggris pekan ke-17 yang dihelat di Emirates Stadium, Minggu (15/12/2019) malam WIB, City tampil dominan dengan membuat 14 attempts dan tujuh on goal. City menguasai 58 persen ball possesion.

Arsenal hanya bikin satu attempts on target dari total enam. Seluruh gol kemenangan City diciptakan di babak pertama. Selain De Bruyne, Raheem Sterling juga muncul di papan pencetak gol.

Tambahan tiga poin membuat City memangkas jarak dengan Leicester City menjadi empat poin. City di posisi ketiga punya 35 poin, tapi masih selisih 14 poin dari Liverpool di puncak klasemen.

Arsenal yang masih inkonsisten terpuruk di posisi kesembilan dengan 22 poin.


[Gambas:Opta]


Jalannya pertandingan

Arsenal langsung menggebrak di menit pertama ketika Gabriel Martinelli menerima umpan panjang dari pertahanan. Usai menaklukkan Kyle Walker, Martinelli coba menyasar pojok gawang City tapi Ederson bisa membendungnya.

Semenit berselang, City malah mampu mencuri gol lewat serangan balik. Gabriel Jesus memberikan umpan tarik yang disambut sepakan first time De Bruyne dan membuat bola bersarang di pojok atas gawang Bernd Leno.


De Bruyne Cemerlang, City Hantam Arsenal 3-0Foto: Ian Walton/AP Photo


Gol itu membuat City lebih nyaman menguasai pertandingan dan Arsenal pun mau tak mau harus lebih keluar menyerang untuk bisa menyamakan skor.

Hal itu dimaksimalkan City pada menit ke-15 ketika serangan balik cepat mereka membuahkan gol kedua. De Bruyne menaklukkan beberapa bek Arsenal usai mendapat umpan terobosan Phil Foden. Sterling yang menerima bola terakhir dengan mudah menjebol gawang kosong.


De Bruyne Cemerlang, City Hantam Arsenal 3-0Foto: Shaun Botterill/Getty Images


Setelah tertinggal dua gol, Arsenal malah kesulitan mengejar ketertinggalan. Mereka sama sekali tak mampu membongkar pertahanan City.

Yang ada gawang Leno malah kebobolan lagi di menit ke-40. Foden mendapat bola di sepertiga akhir lapangan dan mengopernya kepada De Bruyne. Lepas dari kawalan Mateo Guendouzi, De Bruyn menembak bola dengan kaki kiri dari luar kotak penalti dan melesak ke pojok gawang.


De Bruyne Cemerlang, City Hantam Arsenal 3-0Foto: Ian Walton/AP Photo



De Bruyne nyaris mencetak hat-trick dua menit kemudian. Tembakan kerasnya dari jarak jauh mengarah ke gawang, tapi bisa ditip Leno dan membentur tiang.

City menutup babak pertama dengan keunggulan 3-0.




Masuk di babak kedua, Arsenal coba meningkatkan intensitas serangan. Tapi mereka lagi-lagi kesulitan menembus pertahanan City.

Pada menit ke-63, Gawang Arsenal hampir bobol lagi ketika Jesus dengan mudahnya melewati adangan Chalum Chambers dan tinggal berhadapan dengan Leno. Kiper asal Jerman itu berhasil memperkecil ruang tembak Sterling untuk mengadang bola.

City lebih tenang dalam menguasai pertandingan dan membiarkan Arsenal memegang bola. Beberapa kali serangan balik mereka mampu menembus lini tengah, tapi langsung dimentahkan para pemain belakang.

City lagi-lagi punya kans untuk menambah gol. Kali ini lewat Riyad Mahrez di menit ke-87 usai menerima umpan Raheem Sterling. Namun, tembakannya dari sudut sempit bisa diadang Leno.

Begitu pula Sterling yang mendapat bola terobosan De Bruyne di menit ke-90. Usai memasuki kotak penalti, Sterling gagal menjaga akurasi tembakan dan bola melebar. Hingga laga berakhir, City tetap menang 3-0.




Susunan pemain

Arsenal: Bernd Leno; Ainsley Maitland-Niles, Sokratis Papastathopoulos, Calum Chambers, Sead Kolasinac (Bukayo Saka 42'); Matteo Guendouzi, Lucas Torreira (Joe Willock 81'); Nicolas Pepe, Mesut Oezil (Smith Rowe 61'), Gabriel Martinelli; Pierre-Emerick Aubameyang.

Man City: Ederson; Kyle Walker, Fernandinho, Nicolas Otamendi, Benjamin Mendy (Oleksandar Zinchenko 85'); Ilkay Guendogan (Riyad Mahrez 70'), Rodrigo, Phil Foden (Bernardo Silva 56'); Kevin De Bruyne, Gabriel Jesus, Raheem Sterling.

Simak Video "Gol-gol Man United yang Pecundangi Man City"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/bay)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com