sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 03 Jan 2020 10:17 WIB

Fakta-Fakta Usai Liverpool Kalahkan Sheffield United

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Liverpool menaklukkan Sheffield United di Anfield. (Foto: Clive Brunskill/Getty Images)
Jakarta - Liverpool meneruskan laju tangguhnya musim ini dengan mengalahkan Sheffield United. Sejumlah catatan menarik terukir, berikut rangkumannya.

Liverpool memetik kemenangan 2-0 saat menjamu Sheffield United di Anfield, Jumat (3/1/2020) dini hari WIB. Gol-gol dicetak oleh Mohamed Salah dan Sadio Mane.

Hasil itu semakin menegaskan posisi Liverpool sebagai pemuncak klasemen Liga Inggris. Dengan 58 poin dari 20 laga, 'Si Merah' unggul 13 poin dari Leicester City di urutan dua yang malah sudah memainkan satu laga lebih banyak.


Raihan 58 poin itu menyamai jumlah poin Manchester City pada musim 2017/2018, dan menjadi raihan terbanyak di liga dalam 20 pertandingan. Berikut ini fakta-fakta menarik pertandingan seperti dilansir Opta.

- Liverpool sudah mengumpulkan 58 poin dari 20 pertandingan Premier League musim ini. Dalam sejarah divisi teratas Inggris, hanya Manchester City di 2017/2018 (juga 58 poin) yang punya poin sebanyak itu di tahap yang sama (menghitung tiga poin untuk tiap kemenangan).

- Sheffield United kalah di seluruh enam laga Premier League melawan tim yang memuncaki klasemen, termasuk dua pertemuan dengan Liverpool di musim ini.

- Liverpool mencetak gol di laga ke-29 secara beruntun di Premier League. Hanya dua tim yang pernah mencatatkan rentetan lebih panjang: Arsenal (55 laga antara 2001-2002) dan Manchester United (36 laga antara 2007-2008).

- Sheffield United menelan dua kekalahan beruntun di liga untuk kali pertama sejak kalah di dua partai pembuka Championship musim lalu.

- Gol pembuka dari Mohamed Salah (3 menit 25 detik) adalah gol tercepat yang dicetak Liverpool dan tercepat yang masuk ke gawang Sheffield di Liga Inggris musim ini. Bahkan ini adalah kebobolan tercepat Sheffield sejak Andriy Shevchenko bikin gol untuk Chelsea ke gawang mereka pada Maret 2007 (3 menit 2 detik).

- Mohamed Salah menjadi pemain keempat yang mencetak 50 gol lebih dengan kaki kiri untuk satu tim di Liga Inggris. Ia menyusul Robbie Fowler (85 gol untuk Liverpool), Ryan Giggs (83 gol untuk Manchester United), dan Robin van Persie (63 gol untuk Arsenal).

- Sadio Mane sudah mencetak 25 gol Liga Inggris di Anfield sejak awal musim lalu. Di seluruh lima liga top Eropa, hanya dua pemain yang punya gol lebih banyak di arena spesifik: Lionel Messi (29 gol di Camp Nou) dan Kylian Mbappe (27 gol di Parc des Princes).

- Dengan golnya malam tadi, Sadio Mane sudah terlibat di terciptanya 100 gol Liverpool dalam 151 penampilan di seluruh kompetisi (74 gol, 26 assist).

- Sejak awal musim lalu, Andy Robertson punya 17 assist di Premier League dan hanya rekan setimnya, Trent Alexander-Arnold yang punya catatan lebih baik yakni 20 assist.

- Alisson mencatatkan penampilan ke-50 di Premier League untuk Liverpool dan membukukan 26 clean sheet. Di antara kiper-kiper dalam sejarah kompetisi tersebut, hanya Petr Cech (33) dan Pepe Reina (28) yang mencatatakan clean sheet lebih banyak di 50 penampilan.




Fakta-Fakta Usai Liverpool Kalahkan Sheffield United


Simak Video "Tottenham Keok 1-3 Atas Sheffield"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com