sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Minggu, 05 Jan 2020 22:59 WIB

Penalti dan Gol Nottingham Forest Dianulir, Chelsea Menang 2-0

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Chelsea menang 2-0 atas Nottingham Forest. (Foto: Ian Walton/AP Photo)
Jakarta - Chelsea memulai kiprah di Piala FA 2019/2020 dengan positif. Menghadapi Nottingham Forest, The Blues menang 2-0 berkat Callum Hudson-Odoi dan Ross Barkley.

Chelsea menjamu tim Championship, Nottingham Forest, di Stamford Bridge, Minggu (5/1/2019) malam WIB pada babak ketiga Piala FA. Hudson-Odoi sudah langsung membawa tuan rumah unggul di menit keenam lewat tusukannya.

Forest nyaris mendapatkan penalti, hingga akhirnya Video Assistant Referee (VAR) membatalkannya karena Alex Mighten dinyatakan offside. Tayangan ulang menunjukkan tangan Mighten menjorok dibandingkan posisi Fikayo Tomori, pemain terakhir Chelsea.

Chelsea menggandakan keunggulan di menit ke-33 via Barkley, memanfaatkan bola liar hasil penyelamatan kiper Forest. Forest hampir memperkecil ketertinggalan di menit ke-68, tapi lagi-lagi dianulir VAR karena offside yang tipis.

Skor 2-0 bertahan sampai laga usai dan Chelsea pun dipastikan melangkah ke babak keempat. Undian Piala FA babak keempat baru akan digelar Senin (6/1) besok.


Jalannya Pertandingan

Chelsea mencatatkan start bagus dengan sudah memetik keunggulan di menit keenam. Callum Hudson-Odoi menerima bola di sisi kanan, lalu bergerak ke tengah dan melepaskan sepakan yang menaklukkan Jordan Smith.

Selepas mendapatkan gol, Chelsea nyaman menguasai bola. Ini tak terlepas dari minimnya tekanan dari tim tamu, yang bermain tak cukup agresif.

Meski demikian, sebuah serangan cepat dari Forest di menit ke-23 nyaris berbuah fatal untuk Chelsea. Alex Mighten menusuk di sisi kanan dan terjatuh dalam duel dengan Fikayo Tomori.

Wasit meniup peluit dan menunjuk titik penalti, namun Video Assistant Referee (VAR) mengecek kejadian itu atas kemungkinan offside. Pada akhirnya penalti dibatalkan karena Mighten dinyatakan offside karena lengannya menjorok!

Ross Barkley menerima umpan Hudson-Odoi di tepi kotak penalti lalu melepaskan percobaan. Masih mudah untuk diantisipasi Smith.

Chelsea menggandakan keunggulan di menit k-33. Serupa dengan gol pertama, Hudson-Odoi yang menguasai bola di kanan bergerak ke tengah dan menembak. Kali ini bola ditepis oleh Smith, namun bola pantulan disambar Barkley.

Hampir gol ketiga didapatkan Chelsea di masa injury time babak pertama. Umpan lambung Reece James disambut sundulan Michael Batshuayi di tengah kotak penalti, akan tetapi masih melebar. Babak pertama berakhir dengan skor 2-0.

Joao Carvalho melakukan percobaan dari luar kotak penalti pada menit ke-57. Willy Caballero dengan nyaman menetralkan ancaman karena bola mengarah ke tengah.

Chelsea balas mengancam tiga menit berselang. Umpan silang Hudson-Odoi disundul Barkley dan ditepis kiper, sebelum kemudian bola membentur tiang. Tak ada gol tercipta.


Forest mencetak gol di menit ke-68, namun dianulir. Umpan Carvalho dari tendangan bebas ditanduk Ryan Yates, akan tetapi VAR menganulirnya karena offside yang sangat tipis.

Peluang bagus dibuang Batshuayi di menit ke-71. Ia dalam posisi bebas di tengah kotak penalti saat menerima umpan Hudson-Odoi. Kontrolnya amat buruk sehingga bola memantul ke atas dan keluar dari lapangan.

Chelsea mengontrol pertandingan di sisa waktu. Sebuah percobaan dari Emerson Palmieri menyambut bola liar masih melebar pada menit ke-92. Tak ada gol lain sampai peluit panjang berbunyi.

Susunan pemain:

Chelsea: Willy Caballero; Reece James, Andreas Christensen, Fikayo Tomori, Emerson Palmieri; Ross Barkley, Jorginho (c), Mateo Kovacic (Mason Mount 69'); Pedro (Lamptey 76'), Michy Batshuayi, Callum Hudson-Odoi

Nottingham Forest: Jordan Smith; Carl Jenkinson, Michael Dawson (c), Tobias Figueiredo, Yuri Ribeiro; Alfa Semedo (Fornah 69'); Albert Adomah, Ryan Yates, Joao Carvalho, Alex Mighten; Brennan Johnson (En-Neyah 81')

Simak Video "Final Piala FA 2020: Aubameyang Si Penentu"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com